Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Thursday, April 26, 2012

Menggunakan cetakan kue untuk membuat motif pada kartu (tutorial)


Dulu sekali saya pernah membuat kartu dengan menggunakan cetakan kue berbentuk berbagai macam kupu-kupu yang saya punya untuk membuat motif pada pinggiran kartu tersebut. Inspirasinya datang dari kartu yang dibuat oleh team Martha Stewart, dimana pinggiran bagian atas dari kartu mereka dibuat bermotif. Saya tidak tahu bagaimana mereka membuatnya, tapi saya sangat ingin membuat kartu dengan pinggiran bermotif seperti itu. Saya ingat punya berbagai macam cetakan kue yang biasanya saya pakai untuk membuat kreasi dengan polymerclay. Saya coba ternyata berhasil. Kartu itu sudah saya kirim untuk teman yang berulangtahun, tapi saya masih ingat bagaimana saya membuatnya, jadi ingin saya bagi dengan teman-teman semua disini. 


***

Bahan, alat dan cara membuat



Bahan :  selembar karton berwarna kuning, karton bermotif 
(polkadot) warna dasar hijau, manik-manik putih

 Alat- alat : Pelubang kertas motif kupu-kupu, pena, pensil, 
gunting, cetakan kue motif kupu-kupu, lem dan isolasi
 bolak balik, spidol warna hijau

 cara membuat : gambar kupu-kupu pada karton dengan menggunakan pensil. 
Saya lebih suka menggambarnya dengan pensil dulu, kemudian 
baru ditebalkan dengan pena warna hitam. 

 Dari jarak dekat

 Potong mengikuti garis-garis pola. Saya memotongnya
sedikit melebihi garisnya.

 Dengan pelubang kertas bentuk kupu-kupu, potong
kertas bermotif polkadot sebanyak 10 lembar

Buat garis dengan spidol hijau. saya melakukannya sebagai panduan untuk menempel kupu-kupu kertas. Tempel kupu-kupunya dengan menggunakan lem, kemudian pasang juga manik-manik putih dibagian tengahnya juga dengan menggunakan lem bening. Saya coba pakai isolasi bolak balik, tapi kurang menempel sempurna, jadi saya tempel pakai lem.

***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern

***

27 comments:

honeysweety said...

kreatif banget sih mbak :)

Neti said...

super kreatif nih mba :)

hima-rain said...

wow wow makasih tutorialnya mbak.... hehehe

Hany Von Gillern said...

Dita, mbak Neti dan Hima-rain : makasih semuanya, ayo silahkan dicoba

Ratih Swastyka said...
This comment has been removed by the author.
Ratih Swastyka said...

kartunya cantik mbk hany :)

Leadership Developmant Training said...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
kekurangan kita bukanlah sesuatu yang buruk .,..
jadikanlah kekurangan kita sebagai kelebihan kita.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Warna Warni said...

wah kreatif banget mba hany

Yuanita a.k.a Tacik said...

ide Mbak Hany pakai cetakan kue kreatif banget....
btw posting saya sudah diupdate mbak hehe, makasih mbak..

Leadership Developmant Training said...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
kekurangan kita bukanlah sesuatu yang buruk .,..
jadikanlah kekurangan kita sebagai kelebihan kita.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

ibunyachusaeri said...

cantik banget mba :)

Pojok Hobi Savitri said...

kreatif bgt Mbak ^^.... baguuuus....

chici said...

Iiihh manis banget mbak...

Kalo maen kemari bawaannya pengen nyoba ikutan buat mulu, tapi belum kesampaian ampe sekarang :(
*sok sibuk

dweedy said...

Dicatat idenya :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau cetakan kue aku banyak mbak, ternyata bisa juga yadigunakan untuk mencetak kartu

Iin Aryanti said...

Wah, bisa buat ganti border punch ya mbak Han.. Ngiriiit hasil dari kreatiiiff!

Hany Von Gillern said...

Mbak Ratih, LDT, Nova, Yuanita,ibnyachusaery,pojok hobi savitri : terima kasih :)

Chici : Ayo disempatkan dong Chi :)

Dweedy : dicoba dong entar hilang catetannya :)

Mbak Lidya dan Iin : iya nih bisa tetap berkarya walo gak pake alat mahal kan? :)

dey said...

kreatif mbak ... alat yang ada digunakan.

Saya gak punya cetakan kue, tapi kayaknya bisa bongkar2 mainan anak saya nih ... :D

rika daniel said...

aihh..lucunya..bisa juga pake cetakan motif lainnya ya mba :D

Hany Von Gillern said...

mbak Dey : mainan anak siapa takut kan mbak ... pasti bisa digunakan :)

Rika : apapum bentuk cookie cutternya pasti bisa Rik, kita yg pegang kendali atas bendanya :) insyaAllah

Ati Sri said...

iya ya, kok nggak kepikiran oleh saya cetakan ini bisa dibuat pola waktu saya kelimpungan membuat bentuk kupu-kupu untuk hiasan dinding.
trima kasih ya mbak Hany tutorialnya :)

Hany Von Gillern said...

Sama-sama mbak Ati, senang kalo bermanfaat ;)

Neki Arismi said...

hihihi .. kreatif banget. ga pernah kepikiran alat dapur bisa dipake buat beginian *brb cari cetakan* :D

Hany Von Gillern said...

Makasih ! :)

masyif09 said...

Dr kemaren muter" nyari craft puncher,,,,,ternyata yg didekat mata malah ga ke-ngeh-an,,,,,,,,murmer malah :D
Makasih ya idenya,,,,,sangat inspiratif :)

febrina pratiwi said...

Mba.. beli pbolong kertas motif kupu-kupunya di mana ya? Tks

Hany Von Gillern said...

Masyif09 : sama-sama 😊

Febrina pratiwi : puncher itu produk lama Martha Steward, entah sekarang masih di produksi atau tidak. Untuk di Indonesia, coba cari online terutama di Facebook.