Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Thursday, February 9, 2012

Windy Khusna Rahmayanti (quilting)

Sudah lama saya ingin menulis tentang seseorang yang berhobi qulting. Dulu sudah pernah saya menghubungi seseorang, tapi akhirnya yang bersangkutan belum bersedia untuk saya tulis disini. Saya simpan dulu keinginan dan pertanyaan-pertanyaan saya tentang berhobi quilting, sampai akhirnya saya bertemu mbak Windy di sebuah kelompok kerajinan yang saya ikuti di sebuah media sosial. Setelah obrolan-obrolan di kelompok itu dan melihat-lihat hasil karya mbak Windy, saya pikir kenapa gak coba-coba ngerayu untuk tampil disini? Alhamdulillah si mbak bersedia. 
Ini jawaban-jawaban mbak Windy untuk pertanyaan-pertanyaan saya yang sangat menarik dan terutama karya-karyanya yang secara jujur sangat menawan. 
Yuk kita baca obrolan saya dengan mbak Windy, banyak pengetahuan baru tentang quilting lo  ...


***


1. Kenalan dulu gak pa pa kan mbak?
Nama lengkap aku Windy Khusna Rahmayanti (panjang euy..) tapi panggil aja Windy. 
Saya sebenernya seorang dokter umum yang memutuskan jadi full time mom utk kedua buah hati saya saat ini yaitu Razan (8thn) dan Ifa (6thn).


 
2.  Mbak, dulu saya pernah dapat pertanyaan dari beberapa teman di blog saya tentang quilting,  saya mau tanyakan juga ke mbak Windy sekalian cross check ya? Apa sih quilting itu? apa bedanya patckwork dengan applique?
Memang agak-agak  membingungkan yah mengetahui hubungan antar patchwork, applique ama quilting? Saya juga bingung dulu, malah nggak tahu semuanya hihihi.
Jadi begini...
PATCHWORK adalah menggabungkan potongan2 kain menurut pola dg cara dijahit mesin atau tangan.
APPLIQUE yaitu membentuk sebuah gambar dari potongan kain yang kemudian ditempel dan dijahitkan diatas permukaan kain degan menggunakan  mesin jahit atau jahit tangan.
Nah, seni patchwork dan applique ini kemudian disempurnakan dengan melapisinya degann lembaran busa/dacron dibagian tengah dan selembar kain lagi utk bagian bawah yang  seukuran. Kmd tiga lapis bahan tersebut ini kita jahit tindas dengan mengikuti pola potongan kain maupun pola yang kita kreasikan sendiri. Nah tindakan terakhir ini tadilah yang kita sebut dengan QUILTING.
Dengan Quilting, kerajian patchwork maupun applique kita akan menjadi rapi, lebih tebal, indah dan unik.



3. Untuk belajar quilting darimana harus mulai? Apakah harus bisa menjahit dulu baru kemudian mulai quilting atau bisa sekalian belajar bersamaan? 

Hmmm,..bagaimana memulai Quilting?? Saya contoh kejadian yang terjun belajar quilting dengan modal nekat 
Ketika saya buat project yang pertama bener-benar tanpa punya alat alias modal nebeng, dan tidak punya keahlian. Yang ngajarin saya sampai kaget ketika saya kerumahnya bilang mo nebeng jahit, trus akhirnya mengaku bahwa seumur hidup saya nyentuh mesih jahit aja blon pernah hahaha.
Jadi karena kebetulan yang dibutuhkan juga cuma tehnik jahit lurus jadi saya rasa nggak butuh keahlian jahit dulu,  bisa bersamaan.
Bersamaan baru beli mesinnya langsung belajar mengoperasikan 




4. apa sih tahap-tahap belajarnya?
Tahap2 belajar awalnya kita dikenalkan dulu dengan istilah-istilah didalamnya. Topping, battingbacking, basting, sashing, border, binding, block, dll.
Kemudian mulai dikenalkan alat-alat, cara memilih kain, treatment kain, tehnik-teknik dasar jahitan, cara memotong, kemudian baru ke pattern, dan tehnik quilting.

Istilah-istilah dalam quilting
BLOCK
adalah potongan kain berbentuk bujur sangkar yang digunakan sbg kain latar utk menempelkan aplikasi atau kain perca.

SASHING
adalah potongan kain membentuk persegi panjang yg digunakan utk sambungan antar block.

BORDER
adalah potongan kain yg mengelilingi seluruh bagian block yang sdh diberi sashing. Setelah diberi border hasilnya kita sebut kain lapisan pertama yang letaknya anti diatas shg disebut TOPPING.

BACKING
adalah kain lapis bawah yang berada dilapisan paling akhir dan diletakkan dibawah batting.

BATTING
adalah dakron untuk melapisi bagian tengah quilt dilapisan kedua diantara Quilt top dan Backing.

BASTING
adalah kegiatan kita menjahit jelujur tiga lapisan tersebut sebelum di quilting dgn tujuan agak lapisannya tdk bergeser2.

BINDING
adalah lipatan kain yang dipakai menutupi pinggiran quilting sebagai penyelesaian akhir.



5. Apa yang membuat mbak Windy tertarik pada quilting?
Yang membuat saya tertarik belajar quilting awalnya adalah karena saya merasa tak sanggup beli hasil jadinya mba hahaha. Jadi berdasarkan prinsip ekonomis saya memilih mending belajar bikin sendiri, apalagi ini belajarnya gratis. Karena kebetulan dikomplek saya tinggal ada komunitas/klub-nya.
Nah pantang denger ada yang gratis-gratis langsung semangat!! 
Coba kalo kursus udah berapa duit ya kan??




6. Memang benar ya mbak pengerjaan sebuah quilting itu makan waktu lama? Biasanya berapa lama waktu yang mbak butuhkan untuk menyelesaikan satu project?
Lama pengerjaan quilt itu bervariasi. Tergantung ukuran, tingkat kesulitan pattern patchwork/appliquenya,  kerapatan quilt-nya, tehnik quiltnya (kalo handquilt jelas lbh lama daripada machine quilt), pattern jahit quiltnya, dan yang paling penting adalaaaaah....tingkat kemalesan orang yang bikin  
Nah kalo saya seringan yang terakhir mempengaruhi makanya banyak project UFO (UnFinished Object).
Namun pengalaman bikin yang udah-udah bervariasi mulai dari mingguan hingga tahunan 






7.  Selama belajar quilting ini, kesulitan apa yang mbak temui?
Kesulitan yang ditemui selama belajar Quilting, rasanya tidak terlalu banyak ya. Kalo soal tehnik memang sangat banyak, tapi semuanya sih bisa kok kita pelajari otodidak malah. Begitu banyak website tentang kerajianan ini. Satu2nya yang sulit biasanya berkaitan sama dana, ternyata nggak sedikit juga modalnya.


8.Susah nggak dapat alat-alat dan bahan-bahan quilting di Indonesia? Dimana biasanya membeli supplies untuk quilting ini?
Kalo soal mencari bahan kain, Indonesia surganya kain kan?? Cuma untuk beberapa motif kita harus sering hunting biar dapat yang lucu-lucu. Alat-alat juga alhamdulillah sekarang tidak begitu sulit lagi. Sudah banyak online seller yang menjual peralatan quilting.
Kalo saya selama ini khusus kain selalu beli sama temen yang jualan. Kalo alat, rata-rata memang beli online di Amerika, trus titip temen yang lagi disana dan mo pulang ke Indonesia. Kenapa??? Sekali lagi karena jauh lebih murah hehehe.Tapi belakangan udah nemu juga juga toko online lokal yang masok barangnya langsung dari Jepang yang harganya bersainglah.



9.  Selain quilting, apa mbak Windy suka dengan jenis kerajinan yang lain? 

Selain Quilting saya suka Cross stitch juga sebenernya mba. Cuma suka lihat tapi nggak suka bikinnya. Tiap coba bikin kagak pernah kelar.


***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

32 comments:

Anonymous said...

Aku pernah inget dulu temen aku ngomong...

ini kaosnya model aplikasi.
nah apakah APPLIQUE ya yang dimaksud temenaku tapi tempelan itu berbentuk tulisan yg ada di kaos tsb.

Hany Von Gillern said...

Bisa di baca uraian tentang definisi applique di artikel ini atau ini :
Applique yaitu metode menjahit potongan kain pada sebidang potongan kain yang lebih lebar sehingga tercipta suatu design (definisi dari buku Mimi Dietrich).

Fitria A (Griya Hobi) said...

tfs mba, jd nambah lagi pengetahuannya tentang quilting.
makasih mba ;D

Lidya Fitrian said...

asyik ya kalau dikomplek ada kursus seperti itu. kalau diluaran kursusnya agak mahal mbak :)

Ati Sri said...

trima kasih mbak, saya jadi tahu istilah2 quilting.
Duluuuuu sekali (30 th yl), saya pernah membuat quilting yg amat sangat sederhana secara otodidak untuk tutup mini organ. Hasilnya yaa.. gitu deh, hehe :D !

Hany Von Gillern said...

Mbak Fit : terima kasih kembali :)

Mbak Lidya : oh ya mbak? berapa?

Mbak Ati : Terima kasih juga. masih ada quilted penutup mini pianonya? Dipajang mbak :)

kuwacikecil said...

mbaakk!! aku gak bisa nemuin dirimu di facebook utk jawab pertanyaan menahun ituu!! ganti nama ya? hiks.. aku mohon ampuuuun... saya teman durhaka...

Unknown said...

Selama ini saya kira patchwork sama dengan quilting, eh ternyata masih ada applique juga. Plus bonus istilah-istilah dalam patchwork. makasi mbk Hany juga Mbak Windy :)

Hany Von Gillern said...

Ria : dah aku tulis di fb jeng rencananya, cek inbox ya ...

Mbak Ratih : tanbahan ilmu ya mbak, terima kasih kembali :)

smurfing-time said...

auchhh...wawancara dengan mbak Windy rupanya...wahh seorang dokter yg jago quilting X_X ... keren...thanks mbak Hany udah wawancara mbak Windy, biar tambah semangat belajar nih!

rika daniel said...

pokoknya para crafter yang jago quilting ketelatenannya memang pantas diacungin sepuluh jempol..salut! :)

Hany Von Gillern said...

Mbak Agnes and Rika : makasih ;)

Dwi Ananta said...

Wahhh keren karyanya :O *mupeng* tapi kayaknya harus lebih bersabar dulu :)

Hany Von Gillern said...

Dweedy : One step at the time :)

Unknown said...

salam kenal ya mbak :)

Hany Von Gillern said...

Salam kenal kembali :)

andriani retno said...

merasa tercerahkan baca postingan ini mbak hanny.
aku emang lagi belajanr bikin aplikasi yang lain (selain tusuk feston)
karena belajarnya cari2 tutorial aja jadi gak paham istilah2nya dan suka bingung namanya apa hihihih
:))
terimakasih sharingnya :)

Hany Von Gillern said...

Sama-sama Eno, alhamdulillah kalau bermanfaat :)

kurohouseofcraft (Shop Kuroshoppu) said...

Mbak, salam kenal. blognya bagus banget, mbak punya facebook kah? kalau boleh saya add :) I love craft too. makasih

Gilly said...

Keren banget mam... ! Pengen bisa.... :(

rhuriko said...

Mbak, boleh dong dibocorkan toko online lokal pemasok bahan dan alat dari luar negeri. Maklum, saya masih pemula...
Terima kasih sebelumnya

Hany Von Gillern said...

Coba di Garage Sale di facebook mbak, ini linknya :

https://www.facebook.com/garage.sale.524596

Hany Von Gillern said...

Garage sale pekanbaru (Hesty)

hana-nya budi said...

Mba, mau tanya. Untuk batting haruskah pake dakron atau bisa diganti dengan kain jenis lain? Kalo iya kain jenis apa aja yg bisa dipake?

Hany Von Gillern said...

Biasanya memang pake dakron mbak, tapi teman saya pakai kain felt biasa. Disini dakron yang dipakai untuk batting quilting mirip dengan kain felt beda tekstur sedikit. In syaa Allah ada waktu saya pasang fotonya.

Unknown said...

Wah mksh mb sharing tulisannya. Sngt bmanfaat buat newbie d dunia jahit spt sy. Jd tambah smangat utk coba2 :)

Hany Von Gillern said...

@ Nelly Sapta : terima kasih kembali apresiasinya.

audydf said...

hai... saya baru mau mulai untuk belajar quilting... apakah ada alat khusus yang harus saya punyai? terima kasih

Hany Von Gillern said...

Coba lihat postingan sebelumnya tentang quilting, bisa di cari di label quilting right side bar di home page ini. Cari judul alat-alat dasar untuk memulai quilting.

ryzki said...

Mba, sy nira. Mau tanya dimana ya beli penggaris pacthwork yg bermacam2 bentukx ?? Kl mba jual bisa sy beli di mba sj.

Hany Von Gillern said...

Di online shop Facebook banyak kok mbak. Coba tanya di omah jamur ( Hesty - Pekanbaru ).

Hijab Traveller said...

Baru tau nih mba kalo dalam quilting itu banyak istilahnya, ga bisa langsung dihafal, hehe. Makasih loh infonya, jadi nambah pengetahuan.