Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Wednesday, February 15, 2012

Alat-alat dasar untuk memulai qulting

Bagi yang tertarik belajar quilting, mungkin ini bisa membantu. Menurut buku pelajaran qulting yang saya punya, ini alat-alat dasar yang dibutuhkan untuk memulai quilting projects kita.

Alat potong
Rotary cutter. Di foto cutter yang putih ukuran 60mm, yang hijau 45mm. Menurut keterangan di kemasan salah satu cutter, ukuran 45mm adalah ukuran yang paling disukai quilters.
Gunting juga diperlukan, tapi saya lupa moto gunting saya.



Alas potong
Self healing rotary cutting mat. Biasanya ada bermacam-macam ukuran, di foto ini ukuran 36 x 24" , yang lebih kecil 12 x 24"




Penggaris
Penggaris dengan grid dibagian bawahnyamenurut bu guru saya lebih baik karena tidak mudah bergeser ketika digunakan pada pemotongan kain. Penggaris bentuk bujur sangkar (square makers) memudahkan saat memotong kain berbentuk bujur sangkar.
Ukuran yang umum/sering dipakai adalah 6 x 24". Di foto ini penggaris yang besar ukuran 8 x 24", 6 x 12" dan bujur sangkar 4.5 x 4.5". Sebenarnya ada beberapa macam penggaris lagi seperti setengah lingkaran, segitiga dan lain-lain bentuk. Biasanya penggaris-penggaris terdiri dari beberapa ukuran yang berbeda.




Untuk menyatukan
Mesin jahit
Bisa dipakai mesin jahit apa saja, asal bisa dipakai untuk menjahit lurus, bahkan mesin jahit singer yang kuno seperti mesin ibu saya. Mesin sayapun sangat standard, hanya dengan 18 jenis tusuk yang berbeda dan tidak pakai komputer.





Benang jahit
Pilih benang dengan berat 50 - 60, 100% katun



Jarum mesin jahit, pembuka jahitan dan sepatu mesin jahit
Untuk menyatukan potongan kain kita, gunakan jarum mesin ukuran 70/10 atau 80/12. Ukuran tersebut yang biasa dipakai di eropa dan Amerika. Angka besar adalah ukuran yang dipakai di eropa, angka yang kecil ukuran di US.
Untuk sepatu mesin jahit, gunakan 1/4" foot karena biasanya ukuran sambungan adalah 1/4" sehingga ukuran sambungan jahitan kita sama besarnya.





Jarum pentul
jarum pentuk dengan ukuran lebih kecil (silk pins) seperti flower pins di wadah sebelah kanan lebih bagus dibandingkan yang ukurannya besar.



Setrika
untuk menekan/menindas hasil jahitan kita. Dilakukan setiap kali kita selesai menjahit/menyambung.







***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

24 comments:

HEЯRY said...

wuih bisa bikin semangat berkreasi bertambah lagi nih.. :)

Lidya - Mama Pascal said...

makin kepingin bisa juga nih mbak

Warna Warni said...

wah bagus banget infonya :D

Hany Von Gillern said...

Herry : insyaAllah, amiin ...

Mbak Lidya : ayo mbak, bismillah saja, pasti bisa.

Nova : terima kasih

Diat said...

Follow sukses, ditunggu followbacknya ya?

Ratih Swastyka said...

Mbak Hany, alas potongnya rotary cutter apa harus cutting mat? Saya pakai kaca kalo motong mesti beberapa kali baru putus kainnya. apa karna kaca mungkin agak licin atau karna tekannya kurangnya ya?

alaika abdullah said...

infonya keren mba...
btw aku belum pernah lht mesin jahit seperti punya mu ini... #katroknya Alaika ini... hihi

btw, hadiah untukku juga belum sampai mba... ok, aku resend alamatku ya....

thanks for the info... :)

Ethie said...

lengkap kap... gunting yg di atas itu harganya berapa mbak hanny? Janomenya kereeennnn... ngiler saya!

Hany Von Gillern said...

Diat : Terima kasih

Mbak Ratih : Biasanya alas yang self healing gitu yang dipakai mbak. Kalau menurut saya alas seperti ini untuk menjaga ketajaman pisau potongnya juga karena empuk.
Pengalaman saya kadang memang terjadi seperti itu mbak, kain tidak putus seketika, untuk kasus saya karena saya kurang nekan pas motong. Kalau sampai berkali-kali baru putus, mungkin perlu di periksa pisau cutternya mbak, mungkin sdh mulai tumpul. Ada juga dujual refill.

Mbak Alaika : itu kan karena dirimu punya pekerjaan berbeda mbak, jadi kemungkinan untuk melihat mesin jahit jadi sedikit :)
Iya, tolong dikirim lagi ya mbak alamatmu. Di subjectnya ditulis aja Giveaway gitu mbak, biar langsung ngeh. Mungkin masuk ke spam, jadfi gak aku tahu.

Mbak Ethie ; Bervariasi mbak, tergantung merek dan dimana belinya. Maksud saya kalu di daerah saya, ada toko yang menjual lebih murah dari toko lain untuk jenis barang yang sama. Termurah biasanya dijual sekitar $ 16 mbak.
Terima kasih mbak, mesin itu hadiah saya untuk diri sendiri :)

Ratih Swastyka said...

Cutternya baru beli belum ada sebulan mbak, kira2 baru 2 kali pakai potong kain, sepertinya krn nga pakai cutting mat jadi jalannya ngak empuk :)

Hany Von Gillern said...

Itu punya saya yang hijau juga jauh dibanding yang putih mbak. Yang putih sekali jalan saja sdh putus, makanya saya juga gak pernah pake juga yang hijau. itu juga baru sekali di pake. Yang itu keluaran martha steward. pertama kali saya pake motong juga pake alas cutting board biasa yang plastik itu. Apa karena dipake di telenan plastik itu shg menjadi gak tajam, wallahuaklam.
Bisa dicoba diganti alas potongnyanya. Mungkin juga itu penyebabnya.

Ratih Swastyka said...

Soal cutting mat udah masuk daftar blanja bulan depan, sayang kalo tumpul refill-nya mesti beli per 10pcs harganya 400ribuan T_T. Oya mbak nanya lagi dong. beli penggaris yg seperti itu dmn ya? maksudnya di toko apa? toko alat jahit? alat tulis atau toko apa? soalnya saya belum pernah nemu. makasi ya mbak

Titi Esti said...

mba Hany... masya Allah, alangkah banyaknya peralatan utk quilting ya.. soalnya aku blm punya satupun sih.. baru gunting doang... qqq..
klo peralatannya ideal hasilnya insya Allah ideal jg ya..
tapi meski dmk, aku tetep semangat

dweedy said...

*dicatat* :D

Hany Von Gillern said...

Mbak Ratih : Biasanya di toko alat jahit, kalau nemu toko khusus yang menjual segala perlengkapan quilting mbak karena ada banyak sekali macam penggarisnya. Mungkin lebih gampang kalo beli online.

Mbak Titi : semnagat itu modal yang paling utama dan penting mbak. Percuma punya alat lengkap tapi gak ada kemauan untuk mencoba. Pakai gunting biasa dan penggaris biasa asal hati-hati insyaAllah bisa mbak.

Dweedy : :)

rika daniel said...

beberapa udah punya, tp ga tau entah kapan belajar quiltingnya :D

Hany Von Gillern said...

Ya, nanti saja kalo memang sudah benar-benar kepengen ya Rik :) Alatnya bisa digunakan untuk yang lain dulu.

honeysweety said...

pengen punya rotary cutter tapi masih wishlist:)

Hany Von Gillern said...

Mudah-mudahan bisa segera didapat rotary cutternya.

alice YGK said...

sukses buat anda ya....nice share

Hany Von Gillern said...

Terima kasih

marma hesti said...

mbak,tanya dong beli rotary cutternya dimana, kalo online dimana juga tolong ya kasih tau aku dah lama cari2 blum ketemu juga,aku pengen bgt punya...

Hany Von Gillern said...

kalo saya belinya di sini (US), kalo di Indonesia mungkin bisa cari di online shop mbak.

Unknown said...

Mbak mesin jahit janome magnolia 7318 itu ya?beli dimana ya?itu reviewnya bagus banget...sy cuma nemu di amazon.com,
Voltnya brp ya?