Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Monday, May 9, 2011

Tentang Quilting


Waktu majang hasil karya quilting saya beberapa waktu lalu, Dweedy, Vita dan Fitri menanyakan beberapa pertanyaan seputar jenis kerajinan ini. Sesuai janji saya pada mereka saat itu,  saya coba jawab dan tunjukkan beberapa  hal yang saya punya yang berhubungan dengan quilting. Saya juga akan coba jawab pertanyaan-pertanyaan  tersebut sepengetahuan saya, kalau ada teman-teman yang lebih berpengalaman, silahkan ditambahkan ya ...

Pertanyaan :
1. Dweedy : apa itu quilting?
Jawaban saya adalah suatu jenis kerajinan yang menggunakan media kain. Jadi potongan-potongan kain (perca) disambung dengan cara dijahit sehingga membentuk motif tertentu. Definisi saya berdasar apa yang saya lihat dan saya coba. Setahu saya menurut tekniknya terbagi menjadi :
a. Patchwork yaitu menyambung potongan kain yang dipotong  simetris dan menyambungnya menjadi suatu motif tertentu. 
b. Applique yaitu metode menjahit potongan kain pada sebidang potongan kain yang lebih lebar sehingga tercipta suatu design (definisi dari buku Mimi Dietrich).
Ini beberapa buku dan majalah koleksi saya.

Saya suka buku ini, karena jelas dan terinci. Contoh design 
yang diberikan juga bagus-bagus disertai pola.

 Ini 2 buku lainnya

 Yang ini majalah khusus qulting. Ini majalah-majalah bekas,
tapi banyak designs menarik didalamnya 

2. Vita : Apakah kain fat quarters beda dengan kain yang ada di Indonesia?
Kainnya sama saja, yang terbaik adalah 100% katun dibanding kain dengan bahan sintetis yang mudah terberai. Kain yang biasa dipakai dan dijual untuk quilting ini biasa di sebut fat quarters dengan ukuran tertentu yaitu 18" x 22"


Ini sebagian kecil kain-kain  fat quarters yang saya punya


Begini biasanya yang dijual ditoko (bentuk satuan)


Yang ini bundelan, biasanya 5 - 7 lembar dalam satu paket


Yang ini paket kain bentuk bujur sangkar 5" x 5 " 

3. Fitri : Apakah jarum yang dipakai khusus?
Ini jarum yang saya punya, apakah jarum ini termasuk jarum khusus quilting, saya belum tahu jawabnya. Sekali lagi menurut buku Mimi, dalam quilting, ukuran jarum menjadi faktor penentu. Ukuran yang dipakai biasanya 10 - 12, semakin besar ukurannya, semakin kecil jarumnya. Ini untuk jahit tangan. Ada pula mesin khusus untuk quilting. 
Benang yang dipakai untuk applique sebaiknya 100% katun, bahan ini mudah menyatu dengan pinggiran kain kita. Tapi jika susah mendapatkan benag yang berbahan 100% katun, campuran polyester juga bisa. 
Ukuran yang umum untuk benang adalah 50, pilihan ukuran benang 60 yang lebih tipis sehingga mudah menyatu dengan kain.



Ini jarum dan benang yang saya punya. Semuanya keluaran DMC.
Ternyata memang benangnya lebih kuat, jika dipegang 
terasa seperti benang untuk layangan

Ini alat-alat untuk quilting yang biasa dijual di toko

4. Amalia menemui kesulitan tempat belajar quilting didaerah Bogor, Jawa barat, adakah teman-teman yang tahu tempat kursus yang dimaksud? 


Harus saya akui bahwa saya hanya pemula tentang jenis kerajinan  ini, jadi kalau ada kekurangan mohon maaf. Saya sedang coba untuk mendaftar di kelas quilting dekat rumah. InsyaAllah kalau ilmunya bertambah, saya bagi lagi.


Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting
Hany Von Gillern
***

22 comments:

amalia khoirun nisa said...

kayaknya seru deh mbak, di indonesia toko yang jual beginian aku gak tau dimana.

crfater bogor, jawa barat, aku juga blum kenal. jadi bingung berguru darimana, beli bahannya dimana, :(

Dewi Citra said...

Mbak Hani, terima kasih sudah sharing. foto-fotonya bikin ngiler >.<
Oh ya, numpang menjawab pertanyaan Mbak Amalia :
Bahan2 quilting setahu saya di toko kain di sini banyak yg jual, karena hampir sama dgn katun untuk bahan baju tetapi sedikit lebih tebal, kasar & agak berat. Kemarin saya baru nemu satu seri bhn quilting STOFF di tanah abang blok A
Untuk daerah Bandung, setahu saya lebih variatif lagi pilihan kainnya

Hany Von Gillern said...

@ Amalia : Sudah dibantu mbak Dewi Citra ya tempat untuk nyari bahannya dimana. Untuk tempat kursusnya mungkin bisa search di internet atau mungkin mbak Dewi juga tahu atau malah ngajar quilting :)

@ Dewi Citra : terima kasih kembali mbak. Memang suka bikin kalap dan lapar mata kalau lihat kain-kain cantik itu mbak :)
Terima kasih juga sudah membantu menjawab pertanyaan Amalia.

dweedy said...

Makasih infonya mbak :) saat ini saya sedang mencoba “patchwork” tapi masi bergelut dengan jahitan yang kurang rapi :p

Hany Von Gillern said...

Dweedy : sama-sama, jangan putus asa, ayo tetap semangat. nanti kalau sudah jadi dipajang ya biar aku lihat :)

amalia khoirun nisa said...

@mbak dewi.
makasih mbak infonya, nanti langsung ngibrit ke tanah abang deh, huhu. aku lagi pengen ke tempat mbak sari yang punya ammi abi produksi tas di jogja nih, mau belajar.
:D

di bogor tmpt jual kain aku gak begitu tau, karena crafternya jarang banget. kalo bandung mah bejibun, tapi ongkos bogor bandung lumayan, mendingan ke jakarta.

selain tanah abang mana lagi mbak dew?

@mbak hany.iya aku juga skrng2 baru belajar dri internet. pengen beli mesin jahit, tapi nnti deh, nabung dulu, :(

YNa said...

baik patchwork maupun applique, saya mo coba (*maruk mode on*). habis semuanya bagus2 hehe..
suka mupeng jg liat kain bundle yg di jual luar negeri. di Indonesia blum ada ya?
thanks info-nya mba :)

Hany Von Gillern said...

@ Amalia : Yang penting sekarang ujian dulu :)Sukses ya

@ Yna : Itu katanya ada di tanah abang mbak, malah saya tanya di toko khusus quilting kemarin, kain-kain eropa jarang disini. Kalau jakarta saya sendiri juga kurang paham mbak, maaf.

Dil said...

bandung emang lebih asik euy daripada jakarta. ga seluas jakarta, jadi enak kemana2. tempat beli kaen juga banyak.

Kreasi CantiQ said...

mbak hani..kainnya keren-keren...apalagi yang ungu motif kupu-kupu itu..dien banget..warna dan binatang kesayanganku....OMG....andaikan ku punya mesin jait..semua ide dan keinginanku bisa terwujud...tapi dengan melihat hasil karya teman aja sudah cukup puas bagiku saat ini..selamat berkarya ya mbak...senang bisa melihat hasil karyanya...

vita@kriyalea said...

wah.. Suhu Hani sudah memulai pelajarannya ternyata, baru sempat dibaca ^^.
Thanks banget ya Han *big hug 4 u* aku nih emang sudah ngiler pengen belajar quilting and patchwork.. tambah ngiler lagi liat kain2 koleksimu itu..

oya, berarti ini benang dan jarumnya khusus untuk quilt yah..
kalo bahan bisa juga kan bahan katun yg banyak dijual disini..

numpang tanya dong buat Citra, blok A-nya dimana yah?.. hehehe... secara TA itu guede dan cari2 kalo gak tau alamat pastinya wah.. dijamin muter2 deh.. hihi..

tempat kursus quilt ada di cipete jaksel, namanya *nisa quilt* googling aja kalo mau cari tau lebih detail, sama ada lagi di Plaza semanggi lt 2A no 97, namanya *kreasiku craft corner* aku tanya biaya kursusnya yg dasar 6x pertemuan Rp. 900rb. kalo di nisa quilt belom tanya2.

saat ini belom kursus lah, blm ada budgetnya.. mau belajar sendiri dulu aja n belajar dari Hani.. hihi..

Kreasi CantiQ said...

mbak ada award dariku http://kreasicantiqdien.blogspot.com/2011/05/award-orang-orang-kreatif.html semoga berkenan yah...

Sari Sulistiyo said...

ini salah satu cita-citaku banget mbak,,pengen bisa quilting,,suatu saat harus bisa...!!

mb Hany,,aku ada award untuk mbak,,semoga berkenan ya mba ;D

Hany Von Gillern said...

@ Dien : Semoga segera terwujud ya Dien keinginan untuk punya mesin jahit, amiin.
Motif-motif kain yang cantik memang suka melenakan :) Itu juga salah satu kain kesayangan. Dulu ada pelanggan yang juga suka dengan kain, tapi setelah aku lihat cuman tinggal seipet, gak bisa ku terima pesanannya :) Sayang gak beli banyak kemarin. Terima kasih pujiannya, mudah-mudahan bisa lebih baik, amiin. Terima kasih juga awardnya, insyaAllah agak senggang aku kerjain deh.

@ Vita : Vita nanti aku tambahkan lagi keterangan tentang benang dan kain ini ya, biar mudah terbaca
oleh teman-teman yang lain.
InsyaAllah nanti aku tampilin deh teman yang dulu ngajarin aku pertama kali. Sudah setuju kok beliaunya. Biar nanti di jelaskan lebih lanjut.

@ Sari : Itu kemarin kan sudah bikin Sari, tas yang di applique itu, bagus-bagus. Aku suka lo :)

Terima kasih awardnya Sari, insyaAllah nanti aku kerjain sama punya Dien. Sekarang lagi kejar setoran ...hahaha ...

Ceu Emay said...

Mbak, yang jual alat2 quilt nya dimana ya? seperti di foto itu ?

Hany Von Gillern said...

Coba cari di fb mbak, sudah banyak online seller yang jualan alat-alat quilting dan kainnya juga.
Kalo mbak tinggal di Jakarta, menurut teman-teman saya, ada toko namanya mikimoko di blok M yang jualan alat-alat quilting.

sumi said...

wah lengkap pengen banget bisa quilt, tapi bingung peralatan yang mesti dimiliki pemula dan belinya dimana yang online, mbak tau nama OLS yang jual peralatan quilt gak?info dong

Revita said...

Banyak Mba...ada mutiara craft, sofia sadji, dll

Tarti Soeparwoto said...

mbak. tanya dong. dimana sy bisa beli jarum dmc no 8. mohon infonya. thxu.

Hany Von Gillern said...

Coba Tanya di Garage Sale Pekanbaru (Hesty) dia menjual banyak kain-kain dan peralatan quilting.

giri pradana said...

Kalo mau beli quilting katun ukuran 60x90 d manaya pliss harganya brapaanya

Hany Von Gillern said...

Coba cek online di Facebook Omah jamur. Dia jual katanya impor dab lokal. Harganya bisa di tanya langsung ke mbak Hesty.