Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Saturday, October 31, 2009

Stempel Dari Kentang (Potato Stamping)

Jenny saya kenal ketika sama-sama berpartisipasi diacara "Farmers Market" di kota kami yang buka setiap hari Kamis sore. Saat itu Jenny tidak berjualan hasil kerajinan seperti saya, tapi beliau diundang khusus untuk berdemonstrasi kerajinan, dan sore itu beliau memperagakan cara membuat dan menyetempel memakai kentang.

Dari obrolan itu, saya diundang untuk ikut di acara tahunannya yaitu "Calender Making" dengan menggunakan stempel kentang.

Saya memilih untuk hadir tanggal 12 Juli 2008 diacara "Calender Making " ini karena jamnya lebih pendek, dari jam 13.00 - selesai (17.00).
Waktu aku sampai disana, sudah ada 3 orang lain selain Jenny, organizernya. Dua orang, Daisy dan anaknya Ayla juga baru pertama kali ikut, Sedangkan satu orang lainnya lagi Getta, merupakan partisipan tetap. Untuk acara ini kami dikenakan biaya $ 10 sebagai pengganti bahan. Acara ini diadakan di gedung pertemuan kelompok masyarakat quaker, dimana Jenny adalah salah satu anggotanya. Gedung tua yang dibangun pada tahun 1700-an, terbagi menjadi 2 bagian; bagian pertama sebagai ruang ibadah pada hari minggu, dan ruang kedua sebagai ruang pertemuan. Tidak ada listrik dan hanya menggunakan lampu minyak karena mereka mempertahankan cara hidup kuno.




Setiap orang membuat 16 kalender yang dibuat diatas selembar karton (disediakan 4 macam warna berbeda) dan di hias dengan stempel yang kita buat sendiri dari kentang. Aku memilih bulan Desember sebagai halaman kalenderku. Dan hasil karyaku nanti akan dibagikan pada orang lain yang mengerjakan bulan berbeda, jadi hasil akhirnya nanti 12 lembar/halaman kalender dengan gambar berbeda yang merupakan hasil kami bersama.
Calender Making ini dibagi dua tahap, tahap awal bulan ini dan nanti disambung bulan November untuk menyelasaikannya.
Agak bingung juga awalnya karena baru pertama kali ikut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dulu. Jenny bilang dia bisa membantu dengan teknik membuat stempelnya tapi ide harus datang dari kita sendiri. Dari rumah aku sudah mempersiapkan 3 motif yang akan aku pake dan akhirnya aku memilih gambar anak perempuan dan laki-laki untuk obyekku. Tapi karena aku ingin menyingkat waktu, akhirnya hanya satu karakter yang aku pake, anak perempuan.

Bahan :
Kertas oret-oret untuk membuat motif
Kertas ukuran besar/kalender untuk di stempel sebagai kalender
Cat lukis atau akrilik (water based)
Kentang (jenis apa saja)



Alat-alat :
Alat ukir untuk mengukir kentang
Piring untuk mencampur cat
Serbet untuk ngelap
Spidol
Pensil
Penghapus



Instruksi :
Buat motif yang akan kita pake
Pertebal dengan menggunakan spidol
Belah kentang jadi dua bagian.
Tempelkan gambar pada kentang, hasilnya gambar akan menempel pada kentang.
Ukir dengan alat ukir mengikuti pola
Siapkan cat dan kertas
Oleskan cat pada kentang, stempel pada kertas.
Biarkan sampai cat mengering (angin-anginkan)



NB. Potato stamping ini bagus juga untuk proyek liburan anak-anak.

No comments: