Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Monday, June 4, 2012

Rumah boneka

Waktu kecil dulu saya suka sekali main rumah-rumahan boneka kain sederhana yang digulung-gulung kemudian di beri baju macam-macam. Semua boneka dan perlengkapannya tersimpan dalam kardus bekas sepatu. Boneka ini bisa dimainkan sendiri atau bersama dengan teman. Cerita bonekanya mengalir saja sesuai dengan imajinasi kita saat itu. Mungkin teman-teman yang seusia dengan saya atau lebih tua  juga punya pengalaman main rumah-rumahan boneka ini. Tidak masalah kita memainkannya sendiri atau bersama teman, mainan ini tetap asyik.

Setelah saya pindah ke negara Amerika, ternyata mainan ini juga ada. Mereka menyebutnya dollhouse. Tidak hanya gadis-gadis cilik yang memainkannya, orang dewasapun banyak yang punya kesukaan membuat rumah boneka ini. Mereka sangat serius dengan hobi ini karena memang tidak murah. Kalau tidak salah, rumah boneka termurah sekitar $ 75. Kenyataan ini membangkitkan kenangan lama saya, jadi saya coba-coba untuk membuatnya. Ternyata tidak mudah juga. Biasanya mereka memberi ukuran dengan skala perbandingan antara rumah boneka dengan ukuran aslinya, misalnya 1 : 12 dan lain-lain. Karena biayanya tidak murah itu, saya coba-coba belajar dengan membeli rumah yang murah saja (bukan ukuran standard) . Kemudian saya beli perlengkapan tempat tidur dan ternyata ukuran yang saya beli juga salah sehingga tidak pas masuk ke dalam rumah. Jadi sampai sekarang rumah boneka saya belum juga selesai dan untuk sementara masih saya simpan digudang :(

Ini rumahnya. Baru sempat mengecat satu rumah, 
tapi saya ingin ganti warnanya. Rencana saya
Satu bangunan untuk ruang tidur dan ruang tamu,
bangunan kedua untuk dapur dan kamar mandi. 

 Ini bagian dalamnya, hanya side tablenya 
yang bisa masuk sempurna.

 Ini satu set tempat tidur yang saya beli, tapi ukurannya tidak 
pas, karena memang rumah-rumahan saya tidak standard.





Ini salah satu perlengkapan rumah boneka, saya kurang jelas ukurannya, tapi ini produksi Ruetter Porzelain, salah satu produsen perlengkapan rumah boneka. Kebetulan saya dapat harga diskon. Sebelumnya saya lihat ada satu set lemari pajang dengan perlengkapannya, tapi setelah lihat harganya, niat saya urungkan.



Dan ... saya kecewa, karena sebentar saja barang itu sudah lenyap :( Makanya ketika melihat set ini saya langsung beli saja, takut hilang lagi :) 



***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

20 comments:

HP Yitno said...

Bentuknya keren mbak Hany.
Pantesan orang dewasa juga seneng. La rumah bonekanya seperti rumah beneran. Hanya saja lebih kecil dari rumah beneran. Yah bisa dibilang miniatur rumah.

Lidya - Mama Cal-Vin said...

waktu aku SD pingin banget rumah barbie mbak tapi harganya masih mahal. sekarang sih enak banyak dijual rumah2 boneka yang murah :)

gyo Efendy said...

mantap nih

Yunda Hamasah said...

Asli Mbak, mengiurkan, anak perempuan pasti suka :)

Ririe Khayan said...

Cantiikk banget rumah bonekanya..
kalau rumah beneran [kita]..tentu rumah yg sangat nyaman tuh Mbak... Nanti ada teras dan tamannya juga ya Mbak..

Dini said...

mb hany... wah menggoda sekali yaaa ^^

Ratih Swastyka said...

mbk Hany bikin sendiri rumah bonekanya? wahh keren :) u/bikin jendelanya pasti susah.

Ratih Swastyka said...

Bagus mbk, untuk bikin jendelanya pasti susah itu :)

Hany Von Gillern said...

Hp Yitno : Terima kasih mas HP Yitno, iya benar ini miniatur rumah.

Mbak Lidya : makasih infonya mbak, Sudah gak ngikutin pekembangan mainan anak-anak di idnonesia :)

Gyo Efendy ; makasih

mbak Yunda : makasih :)

Ririe : Ya mudah-mudahan deh Rie, yang penting sekarang bagaimana bisa selesai ini :)

mbak Dini : Bikin dong mbak, dulu pasti sering dapat tugas bikin maket ya?

Mbak Ratih :rumahnya beli jadi mbak, tinggal ngecat sama natanya saja :)

Ati Sri said...

makasih sharingnya mbak, jadi ingat masa kecil lagi...
iya sama, dulu bonekanya dari kain yang digulung-gulung dan bajunya hanya digunting berbentuk baju tapi nggak dijahit, sedangkan untuk furniturnya hanya dari karton bekas yang digunting sederhana menyerupai kursi dan meja...tapi seru ya :D

Hany Von Gillern said...

Sama-sama mbak ...Mbak Ati suka mainan boneka kain juga ya? :) Ya, benar mbak, bahkan gak cuman karton bekas, tempat korek api bekaspun dipakai. Kreatif banget :)

Warna Warni said...

wah..lucunya....
jadi inget waktu masih kecil ^^

Mamik Khumaidah said...

waah ada tempat tidur boneka... jadi teringat dulu waktu saya kecil juga punya tempat tidur boneka, tapi bukan boneka barbie atau boneka kain yang tidur di atasnya, melainkan boneka dari kertas. Dulu sewaktu saya kecil suka mainan "bongkar pasang" paper doll yang bisa diganti-ganti bajunya...dan untuk rumahnya dibikin dari kotak bekas rokok...diisi perabotan dari kertas, kalo sekarang mah perabotan bonekanya lucu2 ya...:)

Hany Von Gillern said...

Nova dan Mamik Khumaidah : seru ya mainan boneka :)

dweedy said...

Rumahnya keren mbak, kalo aku pasti ta sulap jadi rak buku >.< pasti lucu deh ^^

Hany Von Gillern said...

Terlalu kecil utk rak buku Dwee :)

Muhammad Taufiq said...

yang miniatur kasurnya dijual gak mbak?

Hany Von Gillern said...

Boleh kalo mau, silahkan karena memang tidak saya pakai sampai sekarang.

Antania Lestari said...

Hallo mbak hany itu miniaturnya ada yg mau djual kah?? Aku minat nih sama teaset, bedset sama tablenya.. . Bisa hubungin mbak kemana ya? Sms/Wa/Twitt/FB/BBm atau apa gtu?? oh iya ini email aku: ntaaa.tnia@gmail.com

Hany Von Gillern said...

Hai Antania Lestari : Terima kasih komennya ... aku jawab di emailmu saja ya ...