Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Thursday, January 19, 2012

Membuat motif timbul pada kertas (dry embossing)

Akhirnya semua foto bisa di masukkan ke sini setelah berjuang hampir sepanjang hari memindahkannya dari hp saya ke komputer (begitu cara saya memasukkan foto untuk setiap postingan saya). Entah kenapa hp saya kurang bersahabat hari ini yang membuat kerjaan memindahkan foto-foto menjadi lebih lama.
***

Tutorial kita bulan ini yaitu membuat motif timbul pada kertas (dry embossing). Sebenarnya ada dua cara membuat motif timbul pada kertas, dry embossing yaitu dengan cara menekan/menggambar kertas mengikuti pola tertentu. Dan cara lainnya  dengan menggunakan secamam bubuk khusus yang ditempel pada kertas dengan cara dipanaskan setelah sebelumnya direkatkan dengan tinta stempel khusus. Yang umum dipakai adalah versa mark. Dry embossing ini yang akan kita pelajari kali ini. 

Cara yang paling mudah untuk membuat motif timbul (dry embossing) adalah dengan menggunakan mesin seperti di bawah ini. Dengan alat ini kita tinggal memasukkan lempengan pola/motif timbul kemudian ditekan dengan memutar pegangan mesin yang terletak di salah satu sisi mesin. Dua mesin dibawah ini berfungsi sama, hanya beda perusahaan yang membuatnya. Gambar pertama :  Big Shot dari Sizzix, yang kedua Cuttlebug dari Provocraft.


 Big shot


Cuttlebug

Alat yang lebih murah adalah seperti alat di gambar berikut ini. Entah apa nama alat ini, tapi saya sendiri kurang suka karena hasilnya kurang bagus.





Cara ketiga dan  ini yang ingin saya tunjukkan caranya. Ini cara yang paling saya suka, karena saya sangat menikmati ketika saya menggambar motif-motif itu satu persatu pada kertas dan memberi lebih banyak kebebasan pada saya untuk bemain-main dengan motif yang ada dengan cara menggabung beberapa motif dari beberapa pola pada satu permukaan kertas. 

Alat-alat yng dibutuhkan untuk membuat motif timbul dengan cara ini adalah :
Pola (template)
Pola ini ada terbuat dari plastik dan brass



Pena penekan (stylus)
Berbentuk seperti pena dengan dua bulatan dikedua ujungnya dengan ukuran berbeda.
Sebenarnya saya punya satu lagi yang paling besar untuk mengarsir daerah yang besar/luas, tapi sudah saya berikan pada seorang teman yang tertarik belajar kerajinan kertas.


Alas yang dilengkapi lampu.
Saya pikir alat ini bisa dibuat sendiri, tapi saya malas membuatnya, jadi saya beli yang sudah jadi. Tampaknya alas milik saya ini terbuat dari plastik atau apa ya namanya dulu di kampung saya biasa disebut atom yang juga mudah pecah. Jika susah mendapatkan alat ini, alternatifnya adalah menempel kertas dan pola kita pada jendela pada siang hari. Cahaya pada siang hari akan menampakkan pola kita sehingga memudahkan kita untuk menggambarnya.

 Bagian bawah alas

Permukaan alas

Cara menggunakan alat (membuat motif timbul) :

Nyalakan lampunya, letakkan pola/template dipermukaan alas. 

Kemudian letakkan kertas/karton diatas pola/template. Kemudian dengan menggunakan pena penekan/stylus, tekan mengikuti pola. Perlu di ingat bahwa kita bekerja/menggambar pola pada bagian belakang kertas/ wrong side. Cara ini hanya bisa dilakukan pada kertas karton/tebal. Kalu kita gunakan pada kertas HVS biasa, tidak akan nampak motif timbulnya.

Seperti ini hasilnya. Sebenarnya sampai disini sudah selesai pekerjaan kita, tapi saya suka memberi warna pada beberapa bagian untuk menonjolkan motifnya. Untuk itu saya menggunakan kapur warna. Seperti tampak pada gambar berikut. 

 

Dan hasilnya akan nampak seperti gambar terakhir. 


Mudah dan menarik kan??? Yang sudah punya alat, ayo silahkan dicoba ...

***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

27 comments:

ibunyachusaeri said...

Bagus bgt mba ^__^

Kawakib Craft said...

klo kapur itu lengket ke kertas mbak hany ?
maksud sy bakalan nempel kyk crayon gitu ?

Warna Warni said...

Bagus banget mba hany...

dey said...

wah, disini dibahas cara buat kertas emboss. Alat di dua foto pertama itu mbak yg sy pengen, baru sekedar pengen sih, belum butuh. Soalnya harganya lumayan banget.
yg di gambar ketiga, pernah milih2 pas di toko prakarya, tapi ragu2 mau beli. Takut hasilnya ngga bagus.

Nah, yang terakhir nih, bikin sendiri, gak punya alat2nya juga, hehehe ..

Lidya - Mama Pascal said...

wah mbak hani alat2nya sudah lengkap ya. harus mengatur waktu dulu nih supaya bisa berkreasi juga

Anita said...

bagus ya mb, apalagi setelah diwarnai..

Itu pulpennya ditekan-tekan biasa aja ya mb?

fillyawie said...

Mba Hany, terimakasih ya sudah share informasi penting ini. kita jadi tahu cara embossing di kertas : )

Hany Von Gillern said...

Ibunyachusaeri : makasih mbak.

Mbak Susi : Iya mbak, efeknya sama dengan pensil warna.

Va : Makasih ya ...

Mbak Dey : Mmg agak lumayan harganya mbak. Tapi gak pa pa nabung dulu mbak, suatu saat pasti kebeli juga, jangan putus asa ya mbak :)
Utk yg ketiga, kalo ada benda berbentuk seperti pena yang tumpul bagian ujunghnya, insyaAllah bisa digunakan mbak. Motifnya saya pikir bisa dibuat sendiri dengan kertas karton tebal.

Mbak Lidya : yang utama di utamakan dulu ya mbak :)

Anita : Betul ditekan sambil dijalankan mengikuti motifnya. Untuk daerah yang luas seperti bentuk hati itu, caranya seperti mengarsir.

Fillyawie : Sama-sama ya Filly, semoga bermanfaat, amiin ...

smurfing-time said...

wihhh keren mbak itu motif timbul, mikir mau beli alat cetaknya yg buatan China, ehh ini ada yg bagi tute, cuman ngga tau dimana bisa nemu pena penekannya...asliii ini blog super dehhh, kasih waktu ya buat bongkar2 isi pojokanmu Mbak :)

dey said...

pena penekannya banyak di toko buku mbak, tapi belum kepikir mau beli, karena belum tau fungsinya.
Mbak, pena seperti itu banyak macamnya kan ? Ada yang ujungnya tajam, dll. Fungsinya buat apa aja ya ..

Hany Von Gillern said...

Mbak Agnes : Makasih mbak ... coba online, ebay atau fb. Silahkan, take your time :)

Mbak Dey : Kalo utk embossing kayaknya hanya yg tumpul gini mbak. Kalau yang ujungnya tajam (saya gak punya) saya pikir untuk paper piercing mbak, itu seperti jaman kita tk menusuk2 gambar dengan jarum gede. InsyaAllah saya bikin nanti tutonya. teman saya Monik tuh yang jago paper piercing.

Titi Esti said...

mba hany... kerreeeen....

Hany Von Gillern said...

Makasih ya mbak Titi

uci cigrey said...

hasilnya bagus mba, pingin nyoba tapi alatnya belum ada mba, trims for share yah mba

Ati Sri said...

Trima kasih mbak Hany, sudah share...
saya jadi nambah ilmu nih !
Akan saya coba, kebetulan suami saya pernah membuat alasnya untuk anak saya. Tapi kotaknya terbuat dari kayu, juga ada lampunya dan bagian atasnya diberi kaca (untuk alasnya), ukurannya -+ 60X40 cm. Tinggal mencari alat penekannya.

Hany Von Gillern said...

Uci : makasih, gak pa pa pelan-pelan, mudah@an bisa segera punya alatnya ya, amiin

Mbak Ati : Sama-sama mbak. Mungkin bisa pake sumpit yang tumpul ujungnya mbak supaya gak merobek kertasnya. Iya mbak silahkan dicoba, nanti saya intip hasilnya ya :)

The Tahseenah said...

klo mau beli alat kayk gt, dmn ya mbk?

tks

Farisalwa said...

Wuih makasih banget loh mbak,modal inspirasi buat saya hadiahin ke pacar saya hihi guna bgt ni blognya

Farisalwa said...

Wuih makasih banget loh mbak,modal inspirasi bgt buat saya hadiahin ke pacar saya hihi guna bgt ni blognya, btw saya pake cara yang paling sederhana hehe, tapi alasnya saya pake papan jalan yang transparan trus kedua sisinya di ganjel pake 2 kotak nasi yang agak tinggi dan untuk neranginnya saya pake lampu belajar yang saya tidurkan di bawah papan jalan yang saya ganjel tadi hehe :p makasih bgt ya mbak

Monikah gallery said...

Informatif bgt. kalo boleh tau, harga alat2nya berapa mbak?? n beli di mana?? saya pengen banget beli tapi nggak tau mau beli di mana.. thanx.

Hany Von Gillern said...

@ Farisalwa : Sama-sama, mungkin ide untuk memakai papan jalan yang transparan dan penerangan dengan lampu belajar bias di contoh teman-teman yang lain, terima kasih sudah berbagi ide :)

@ The Tahseenah dan Monika Gallery : Saya belu online, harganya dulu kalo gak salah hanya $ 8 belum termasuk ongkos kirim.

Frame Minimalis said...

mba kalo alat untuk bikin potongan kertas sesuai motif yg kita mau ada ga ya ? punya info ga mba?

Hany Von Gillern said...

Sekarang sizzix sudah punya custom products, jadi kita bias pesan yang sesuai dengan design kita. Coba saja hubungi sizzix.com

davin bigcom said...

pengen banget mbak beli alatnya dmn ya mbak Cuttlebug, trus harganya berapa?

Hany Von Gillern said...

Coba aja cari online mbak,saya beli di sini saja (Amerika). Harganyapun saya kurang tahu sekarang, kalo gak salah dulu diatas $ 100.

bagoes soehariadji said...

terimakasih,sangat meng inspirasi dan sangat membantu.GBU

Hany Von Gillern said...

Terima kasih untuk apresiasinya!