Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Tuesday, January 10, 2012

Kreatif dan kreativitas


 Pasukan manusia sampah (terbuat dari sampah)
National Geographic Museum, Washington DC
(foto : koleksi pribadi)



Creative : having the quality or power of creating
Creativity : the process of using creative ability
Webster college dictionary

Itu makna literal dari kata kreatif dan kreatifitas yang saya kutib dari kamus Webster. Tapi bukan kapasitas saya untuk membahas makna kreatif dan kreatifitas lebih jauh. Saya hanya ingin menunjukkan bagaimana dua orang teman kita menerjemahkannya dengan cara mereka  yang menarik dan patut ditiru. 


Gambar-gambar ini milik Dweedy yang ditampilkan di postingannya yang berjudul "Kartu- kartu". Gambar-gambar ini sangat menarik perhatian saya begitu melihatnya pertama kali dan memberi saya ide untuk menulis tentangnya disini setelah membaca cerita Dweedy bahwa kartu-kartu ini tercipta karena kesukaannya menggunting-gunting apa saja termasuk buku-bukunya sejak kecil. Tapi setelah beranjak dewasa dan mengerti kegunaan "calon korbannya" dia mulai melihat hal lain yang bisa dibuat dengan hobi mengguntingnya itu. Dan kartu-kartu ini tercipta ketika melihat koran-koran bekas. 




 Foto-foto : koleksi Dweedy

Yang kedua adalah penggaris handmade yang tercipta oleh Elvira a.k.a mbak Phiphi  yang kesulitan mendapatnya penggaris yang dia butuhkan untuk menunjang hobi quiltingnya. Tak ada rotan akarpun jadi, itu tampaknya yang terlintas di benak mbak Phi ketika kepepet harus menggunakan penggaris dan disulaplah plastik tembus pandang menjadi penggaris serba guna.



Foto-foto : koleksi mbak Phiphi

Menarik bukan bagaimana teman-teman kita ini menjadi sangat kreatif dengan bahan-bahan yang ada disekitar mereka. Mudah-mudahan cerita tentang kreativitas Dweedy dan mbak Phi ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi atau apapun namanya buat teman-teman yang tiba-tiba kehilangan ide dalam berkreasi atau bagi mereka yang baru akan mulai belajar kerajinan tapi tidak tahu dari mana akan mulai dan bingung karena tidak punya alat dan bahan seperti teman-teman yang lain. Pesan saya, sebelum menyerah dan mengatakan tidak bisa, periksa dulu disekeliling kita, pasti ada sesuatu yang dapat kita manfaatkan, insyaAllah!!!

***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

4 comments:

Dee Ayu said...

Hi Mba Hani.. :)
aku kemarin sempat blogwalking ke macam2 tmpt melihat kreasi2 yg bagus2 spt membuat bandana sendiri, mebuati kreasi dari koran dan majalah bekas, merubah baju yg lama/simple terlihat jadi baru lagi, polyclimer (bener ga tulisannya?cmiiw), kain perca. huuu. jadi mupeng pengen banget nyoba buat2 utk mengusir waktu, karna kbtulan aku ibu rumah tangga. niatnya mau nyoba buat yg gampang dulu deh (baru niat, semoga terlaksana..hihih) mau bikin bandana, jepitan, kunciran yg gampang2 dulu.

seneng banget ngliat orang2 yg kreatif, spt mba hani ini :)

dweedy said...

Wow jadi malu :O #ehh

Hany Von Gillern said...

Mbak Dee Ayu : Terima kasih, ayo mbak mulai bikin, banyak yang gampang kok cara bikinnya, kelihatannya saja yang rumit

Dweedy : jangan malu dong ...

Lidya - Mama Pascal said...

kreatif bener ya yang buat pasukan sampah