Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Tuesday, March 20, 2012

Membuat kartu gula-gula (tutorial)

Di postingan tentang foto saya yang dicuri orang dan dipakai untuk berjualan, saya menulis bahwa tidak perlu mencuri, karena saya mau mengajarkan cara membuat secara gratis. Dan yang menulis komen ingin belajar. Postingan ini untuk menjawab permintaan itu. Semoga bermanfaat, amiin ...

***
Alat dan Bahan 

  1. Alat-alat

 2. bahan-bahan : cardstock coklat tua, 
merah muda dan kertas krep, merah 
muda tua (hot pink)

Cara membuat

potong kertas seukuran kartu yang kita ingingkan

 kemudian potong lagi pinggirannya dengan 
gunting gerigi (scallop)

Tempel pada kertas coklat tua dengan 
selotip (tape runner)
Setelah tahap ini selesai, kita sisihkan dulu dasar utnuk kartu kita

membuat hiasan gula-gula

 alat-alat : puncher bunga diameter 1 inchi, 
bundar, spiral dan gunting

 potong kertas warna putih atau krem 
dengan puncher bundar


 Potong kertas merah muda dengan puncher bentuk spiral, 
juga 2 lembar kertas krep kira-kira selebar 5 cm

 kerut kertas krep dan tempel pada salah satu bentuk bundar 
dengan selotip bolak balik ato selotip biasa kemudian 
dengan taope runner tempel bagian atasnya

 seperti ini jadinya

 dengan puncher bentuk bunga potong 2 lembar karton coklat tua. 
Potong lembar pertama jadi 2 bagian untuk tulisan "Hi"  dan
lembar kedua menjadi 6 bagian untuk gula-gula coklat. 
Beri hiasan dengan pena tinta putih pada bagian lekukannya.

 Tempel hiasan tersebut pada kartu yang telah kita 
buat sebelumnya. Jadilah kartu gula-gula kita.

Masih ingat dengan giveaway saya yang ketiga kan? Salah satu kategori hadiah terpaksa saya rubah dengan dompet karya Fitri Gaity. Tapi saya juga menawarkan kalau masih ada yang tetap menginginkan kit membuat kartu untuk menghubungi saya. ternyata ada satu yang tetap menginginkan kit tersebut. Setelah cukup lama menunggu (itulah alasan saya memesan pada teman sesama crafter, karena sering saya tidak punya waktu untuk membuat sendiri) akhirnya saya punya kesempatan membuatkannya. begini kira-kira bentuk kartunya setelah dirangkai oleh penerima. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk dikreasikan dengan bentuk lain. Semoga paketnya tiba di jakarta dengan selamat, juga paket majalah untuk giveaway keempat, amiin ...

Untuk yang lain, maaf ya saya tidak bisa menjanjikan 
kit ini karena terbatasan waktu saya
***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

19 comments:

chici said...

Nggak sulit ya mbak, tapi aku nggak punya puncher sama gunting bergerigi. Tapi kalo diakali pake gunting biasa paling jadinya agak kurang rapi ya mbak. Ntar coba bikin aah... :)

EYSurbakti said...

easy, namun hasilnya bagus ya
:D
buat yang nyrui karyanya mbak, semoga tobat deh
dan gak terjadi lagi hal yang demikian dua kali ya mbak ..
amin :D

Warna Warni said...

wah,,,bagus banget mba hany...
cobain dirumah akh....

mau dunk kit membuat kartunya mba ^^

Warna Warni said...

oia mba yang kertas merahnya teh kertas abang lambe ya??? atau apa ya namanya ?? lupa lagi hehe...

HP Yitno said...

Kreatif banget kamu sob. Bentuknya lucu juga.

dweedy said...

Wow mau coba ah ~(^-^)~ eh untu dasar kartu biasanya pakai kertas apa mbak? karton biasa aja gitu?

Ririe Khayan said...

weii...so swett, lucu banget Mbak..

honeysweety said...

udah sampai mbak :) majalahnya . thanks ya mbak

Lidya - Mama Pascal said...

ternyata caranya lumayan mudah ya mbak, punched cardnya aku punya tapi bentunya bunga, gak bisa dipakai untuk tutorial yg ini ya

Ati Sri said...

Caranya mudah ya, tapi puncher yang saya punya kecil.
Saya belum pernah melihat puncher sebesar ini di toko craft di Bandung. Pernah lihat sih di toko online, tapi harganya maahal :D

dey said...

mbak, yg warna merah di kit membuat kartu itu, apa paper quiling? Gak jelas krn liat dari hp.
Saya lagi seneng gulung2 kertas nih, tp cuma liat dari internet aja.

dey said...

mbak ati di bdg ya? kemarin sy liat di gramedia merdeka ada puncher 1 set dijual disc 30%, isinya macem2 bentuk. Lumayan tuh mbak... sy pengen beli tp dananya sdg gak ada, hehe....

Hany Von Gillern said...

Chici ; Dicoba dulu Chi, gambar dulu pola bunganya terus dipotong manual pake gunting. Pasti seru kalo hasil karya sendiri.

Ey : makasih ya ...

Nova : Maaf ya, aku gak bisa janji, takut kelamaan nunggu. Tentang kertasnya itu kertas karton biasa warna merah.

HP Yitno : makasih buat kamu juga.

dweedy : iya Dwee pake kertas karton biasa saja.

Ririe : makasih ya ...

Dita : syukurlah ...

Mbak Lidya : sudah menjawabnya mbak, soalnya saya gak lihat bentuknya, maaf ...

Mbak Ati : Yang saya punya ini dari stampin'up mbak, setahu saya belum masuk Indonesia memang merek ini, entah kalo marvi uchida, kayaknya sdh ada. Mereka juga punya puncher gede-gede gitu.

Mbak Dey : Bukan mbak, itu kancing biasa yang saya pake sbg bunganya. Jadi harusnya di warna saja, tapi saya ganti. Pake kertas gulung?quiling juga bisa, bentuk bundar saja.

Master Software Mobile said...

Mantap nih mbak... Langsung aku coba dah.

Warna Warni said...

wah kalo ntu bisa dibuat dari karton dan koran bisa dicoba... cik asik... tapi ga janji buat ditampilin di blog ya mba hany ku ^^

Oce dech....hehe gpp... gmn mba hany z ^_^

Hany Von Gillern said...

Master Software Mobile : Makasih

Nova : iya dinikmati sendiri aja :)

rika daniel said...

thanks for sharing mba Hany, I am going to make it for my husband's birthday in April :) *rasain tuh pencuri! :p

Reni said...

Sebenarnya cara buatnya gak sulit ya mbak... hanya aku tak punya puncher. Liat bentuknya aja baru sekarang.. hehe

Oya, biar gak dicuri lagi fotonya, lebih baik fotonya diprotek mbak atau pas tengah2 foto ditandai dg nama blog ini. :)

Hany Von Gillern said...

Rika : hahahahaha ... iya ya rasain tuh, banyak saingan :D Makasih kembali. Entar di posting ya Rik?

Mbak Reni : Iya gampang sekali mbak ... makasih tipsnya ya mbak Reni, iya nih mulai pake nama sekarang :)