Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Thursday, March 3, 2011

Syanti Dewi Erawati (Orang-orang Kreatif)

Syanti, biasa dipanggil dengan Tie saja. Sudah lumayan lama saya mengenal teman yang satu ini, sekitar 2006 - 2007 dari blog masak kami masing-masing. Saya suka personalitas Syanti yang menurut sangat sangat menarik. Selama korespondensi kami, saya temukan sesuatu di Syanti yang menurut saya sangat innocent membuat saya makin menyukainya.

Tidak seperti saya yang suka menclak menclok sana sini, Syanti tetap konsisten dengan pilihan hobinya, masak memasak dan menghias kue. Saya sempat memperhatikan diawal-awal Tie mulai serius belajar membuat kue. Saya juga ingat Tie benar-benar mempraktekkan tutorial yang saya tulis tentang membuat mawar mini dari fondant. Tak lama setelah itu, bagai bintang melesat jauh, ilmu Syanti berkembang sangat cepat :)
Karena itulah saya pikir, saya perlu menampilkan Syanti di sini untuk berbagi dengan kita semua, terutama anda yang berminat untuk mempelajari seni menghias kue dan memasak.
Selamat membaca.


Hany Von Gillern
***

1. Kalau anda sedia, bisa menceritakan sedikit tentang diri anda?

Seorang ibu rumah tangga yg kebetulan belum dikaruniai momongan , jadi untuk mengisi kekosongan waktu sering bereksperimen dari satu resep ke resep lainnya, dari resep masakan sampai
cake juga kukis . Alhamdulillah punya suami yg sangat mendukung , jadi apapun jenis masakan, juga kue ,gagal atau tidak , dia tidak pernah mencela, tapi yang ada selalu pujian sehingga timbul keinginan untuk terus dan terus bereksperimen.


2. Kapan ada mulai tertarik untuk menekuni cake decorating ini?
Mulai menekuni cake decorating sejak tahun 1999 tetapi waktu itu masih on off lantaran masih dianggap main-main dan pengetahuan yang sangat minim.
Setelah menikah dan tinggal di perantauan (Singapore) kira-kira di tahun 2006 akhirnya memulai lagi, lumayan mengisi waktu luang, sedikit demi sedikit menambah pengetahuan dari majalah , atau buku yg sengaja di pinjam dari perpustakaan atau malah dari internet. Sejak tahun 2009 mulai terima pesanan, dan Alhamdulillah berlanjut sampai sekarang.



3. Selama ini saya mengenal anda sebagai seseorang banyak berkecimpung dunia masak memasak dan cake decorating,adakah kegiatan lain yang anda tekuni?

setiap harinya terkadang ada saja pesanan
cake dan kue, jadi kebanyakan waktu memang dihabiskan di dapur. Hanya saja kalau ada temen-teman yang datang untuk belajar dekorasi Tie biasanya meluangkan waktu disela-sela kesibukan membuat cake pesanan tadi. Tie pernah juga diminta untuk menjadi instruktur di sebuah komunitas , dan mengisi kelas memasak juga menghias cake, tapi berhubung keterbatasan waktu akhirnya Tie memutuskan untuk berhenti, jadi Tie hanya sharing ilmu di rumah saja , kalau ada yg mau belajar itu pun Tie akan batasi jumlah orangnya .



4. Apakah anda mengikuti pelatihan khusus ketika memutuskan untuk memulai kegiatan ini ? atau ini anda pelajari secara otodidak?
Tidak ada pelatihan khusus yg Tie ikuti sebelum ini , semua Tie dapat dari buku , majalah ataupun internet. Semua berawal dari rasa kagum melihat hasil karya orang lain dan akhirnya menimbulkan keingintauan yang akhirnya memacu semangat untuk bisa menekuni bidang ini..

5. Karena kecintaan sudah pasti, apakah kegiatan ini hanya sekedar hobi atau anda mulai memasarkan juga
Sejak 3 tahun yang lalu ,kegiatan menghias cake yang tadinya hobi sudah berubah lantaran banyak dari pemerhati blog yang akhirnya ikut memesan cake yang Tie buat. Dari hanya beberapa terus berkembang dan mulai dikenal di komunitas ibu-ibu indonesia yg berada di Singapura bahkan lama-lama mulai dikenal orang-orang lokal.


6. Apakah anda bergabung dengan suatu kelompok/komunitas terntentu sehubungan dengan kegiatan anda ini ?


Tidak

7. Sebagai pendatang di negara singa, adakah kesulitan yang anda temui dalam melakukan kegiatan ini? Adakah alternatif untuk kendala tersebut?

Tidak ada , malah kebanyakan mereka lebih bisa menghargai apapun keahlian yg kita punya..



8. Apakah menghias kue termasuk hobi yang memelukan banyak biaya? Sulitkah menemukan alat penunjangnya? Adakah tempat kursus yang anda rekomendasikan?
Untuk memulai hobi ini sebetulnya memang memerlukan biaya yg tidak murah , akan tetapi apabila kita bisa lebih kreatif , banyak alat-alat sehari-hari yang bisa kita pergunakan untuk dekorasi khususnya untuk fondant baking tool .


Alat dan bahan banyak sekali ditemui di toko-toko bahan kue di Singapore atau bahkan di Indonesia , dari yg berkualitas bagus sampai yg kelas abal-abal , tinggal pandai pandai kita dalam mencari bahan atau alat apa yg kita inginkan..

Tie rasa di Indonesia banyak sekali tempat-tempat kursus yang bagus, baik kelas rumahan atau tempat kursus yang lebih formal , cuma kalau kita ingin serius menekuni bidang ini apalagi ada niat untuk mengkomersilkannya lebih baik kursus di tempat yg betul2 menjamin misalnya kursus-kursus di Wilton sugarcfraff

Tie belum pernah mengikuti kursus dekorasi samasekali, walau terkadang Tie sendiri ingin sekali mengikutinya , karena memang Tie ingin menekuni bidang ini lebih serius. Tapi ya itu tadi , kursus-kursus yang bagus itu memang memerlukan modal yang tidak sedikit... hehhehe mudah-mudahan suatu saat nanti Tie bisa merasakan gimana yah kursus2 di tempat2 tadi ;))




9. Bagaimana dinamika dunia yang anda geluti di Singapura?

Di singapura decorasi cake lumayan banyak diminati terbukti ketika
community centre mengadakan kelas dekorasi cupcake yang terhitung murah. Saking banyaknya peminat, sampai kelas dibuat 3 kali yang setiap kelasnya dihadiri lebih dari 35 orang dan itupun masih banyak yang mendaftar. Tie menyimpulkan, minat masyarakat akan dekorasi cake atau cupcake sangat bagus , mungkin karena cost yang murah yang menarik minat masyarakat.




10.Hobi anda yang lain diluar masak memasak dan membuat kue?

selain masak dan membuat kue tie mempunyai banyak hobi-hobi lain diantaranya

* Menjahit ,sayang mesin jahit dirumah rusak jadi hobi yang satu ini sudah lama tidak tersalurkan .

* Mancing disaat-saat santai tidak ada pesanan, Tie dan akang(suami) selalu menghabiskan waktu kami di pinggir-pinggir pantai atau sungai untuk memancing. Kalau sudah pergi mancing tak kira hujan atau panas kita nikmati sampai-sampai waktu terasa cepat berlalu ;))

11. Bisa berbabagi tips khsusnya tentang masak memasak dan cake decorating pada para pembaca/pengunjung blog ini?

Untuk bisa memasak kalo menurut Tie modal awalnya adalah
minat dan niat , ada keinginan untuk mencoba , apalagi kalau niatnya ingin membahagiakan orang2 terdekat kita , misal untuk suami dan anak-anak , insyaAlloh walau tadinya tidak pandai tapi dengan niat yg kuat, lama-lama kegiatan masak memasak akan terasa indah. Kita akan sangat menikmati berlama-lama di dapur lantaran semua penat peluh kita akan terbalas pada saat orang-orang yang kita cintai menikmati hasil kreasi kita di dapur dengan lahap , terlebih kalau orang-orang tersayang itu memberi sedikit bonus pujian... waaahhhhh rasa duduk lama-lama di dapur pun terasa nikmat :)

Untuk yg belajar menghias kue , saran tie :


terus belajar, karena tiada batas ilmu dalam suatu bidang apapun
jangan mudah merasa puas
Jika kita menemukan kesulitan , jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih ahli , lantaran kebanyakan mereka tidak akan pelit ilmu..





Liputan tentang Syanti di malajah pastry and Bakery

2 comments:

Dunia kreasi fiet said...

wahhh keren...thx mbak hanny dah share

Hany Von Gillern said...

Siapa dulu dong ... Syantie gitu lo ... :) Sama-sama Fit, semoga bermanfaat, amiin.