Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Thursday, December 22, 2011

Membuat Applikasi Bentuk Hati (tutorial)

Prakarya ini adalah  proyek saya untuk sebuah acara bikin proyek bersama di sebuah kelompok ketrampilan yang saya ikuti disebuah media sosial. Judul proyeknya "Heart to Heart". Setiap peserta di haruskan membuat sebuah petak aplikasi berukuran 30 x 30 cm dengan hiasan hati. Setelah semua peserta mengumpulkan petaknya, seorang peserta akan bertugas untuk menyatukan semua petak dan akan terbentuk sebuah selimut. Pasti akan sangat menarik karena kreasi setiap peserta akan berbeda, tapi perbedaan itu akan membuat karya akhir menjadi unik dan cantik,insyaAllah.

***

Untuk membuat petak seperti punya saya, diperlukan :
5 lembar potongan kain polkadots hijau pastel ukuran 10 x 10 cm (lebihkan 1/2 cm disetiap sisinya untuk sambungan)
4 lembar kain potongan kain polkadots merah muda dengan ukuran sama
5 lembar kain potongan kain polkadots hijau bentuk hati
4 lembar potongan kain polkadots merah muda bentuk hati
4 lembar potongan felt bentuk hati warna hijau
5 lembar potongan felt bentuk hati warna merah muda
4 buah kancing 2 lubang warna hijau
5 buah kancing 2 lubang warna merah muda
benang sulam dan jahit
lem kain
Jarum
mesin jahit



Langkah-langkah

Tempelkan potongan kain bentuk hati pada potongan felt dengan warna selang seling, hijau - merah muda dan sebaliknya dengan menggunakan lem pada bagian belakang (sedikit saja, maksudnya supaya posisi kain tidak berubah).
Kemudian dengan cara yang sama, tempel hasilnya pada kain dasar.



Dengan tusuk feston (blanket stitch) jahit sekeliling kain bentuk hati pada felt. selanjutnya, jahitkan kancing sewarna dengan felt pada lapisan teratas. Lakukan sampai semua potongan kain dan felt tertempel.



Satukan setiap petak 10 x 10 cm dengan mesin jahit, dimulai dari warna hijau, merah muda, hijau. Baris kedua, merah muda, hijau, merah muda dan baris ketiga sama denagn baris pertama. Selesai sudah.



Ukuran akhir petak ini adalah 30 x 30 cm. Dengan proyek ini selain bisa dibuat selimut, bisa juga dijadikan sarung bantal dan tas (tote) dan kreasi lainnya.

Dengan cara yang tidak jauh berbeda, saya buat kreasi lainnya dengan bahan sama, kain dan felt dengan tambahan bunga rajut untuk hiasan tengah bunga, seperti petak dibawah ini :






***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern
***

22 comments:

Lidya Fitrian said...

kreatif banget ya mbak.thanks tutorialnya

Si Belo said...

Lucu banget tutorialnya, bisa gak ya..buat kayak gitu :)

Warna Warni said...

bagus banget.. makasi ya mba infonya

Ati Sri said...

makasih tutonya mbak, bagus sekali !..

Fitria A (Griya Hobi) said...

makasih tutorialnya mba..
saya penasaran sama hasil selimutnya kl sdh disatukan mba, pasti unik banget jadinya

Hany Von Gillern said...

Mbak Lidya, naya, Nova, mbak Ati : terima kasih ...

Mbak Fit : nanti dilihat di group hasilnya mbak, pasti dipajang.

Warna Warni said...

sama2 maba.. :)
mba hhehe panggilnya va aja jangan panggil lengkap nova hehe (ga biasa soalnya) hihi..

mba.. boleh minta tolong..
gini saya pengen banget pas pacar saya ulang tahun bikin sesuatu dari hasil kreatifitas sendiri...
dulu sempat pengen buat syal dengan ngerajut tapi saya lupa lagi cara yang diajarkan oleh teman SMA saya dulu..hehe (malu.com)

Jika mba berkenan untuk memberikan saya solusi apa yang harus saya buat dan tutorialnya juga. agar nanti saya dapat mempraktekannya langsung dirumah dan tentunya untuk mempersiapkan buat hari itu.

sebelumnya maksi mba

Hany Von Gillern said...

Ok saya panggilan Va dari sekarang :)

Tentang die hadiah buat pacar, email aku aja ya Va, soalnmya aku juga mungkin gak bisa janji untuk bisa cepat-cepat bikin tutorialnya. emailku : sweetymybaby@yahoo.com

Aisyah As-Salafiyah said...

Waaa
Tutorialnya berguna banget buatku kak... >_<
Tapi kak, kalau buat selimut bayi, bagian bawahnya di lapis lagi atau begitu aja kak?
Ukuran selimut bayi biasanya berapa kotak kak?
Thanks before

Hug,
Aizyah.

Nizwa Ayuni said...

kreatif bangett..!
cantik banget hasilnyaa..
pengenn buaaatt >,<

Hany Von Gillern said...

@ Aizyah : Kalo aku akan aku lapis lagi, karena bagian belakangnya kan ada sambungannya tuh, jadi kelihatan kurang rapi, tapi kali dilapis pasti akan kelihatan lebih cantik.

@Nizwa Ayuni : terima kasih.

rusydi said...

di amerika belajar beginian ya? punya toko kerajinan tangan ya. keren. salut. saya suka tutorialnya

Hany Von Gillern said...

Banyak yang bisa dipelajari di Amerika, kerajinan cuman salah satunya.
Terima kasih pujiannya.

dey said...

kalo untuk urusan menjahit, saya nyerah mbak .. hehe

Hany Von Gillern said...

Gak pa pa mbak, kesukaan orang memang beda-beda ... happy crafting ya mbak :)

vitalia said...

Mba Han.. speechless deh..
aku masih belom berani ikutan..
takut ga bisa tepat janji.
Thanks For Sharing yaaa...

Hany Von Gillern said...

Thanks Vit ... iya gpp, nanti akan ada yang lain lain. Ikut ya ...

yuli said...

Kreatif bgt mb,,good tutorial,,selain selimut contoh lain tuk apa lagi ya mb,,,

Hany Von Gillern said...

banyak, bisa untuk tas, sarung bantal, hiasan dinding/wall hanging dll

reni said...

Mbak tutorialnya jelas sekali... terima kasih banyak sudah berbagi :)

Hany Von Gillern said...

Terima kasih kembali mbak Reni. Silahkan dicoba kalo suka :)

Rahmie said...

Salam Kenal Mb hany.., tidak ada kata terlambat untuk berkenalan dan belajar... mudah-mudahan ilmu bisa bermanfaat untuk dibagikan ke ibu-ibu di lingkungan dan bisa jadi menghasilkan minimal untuk keluarga.Terima Kasih mb hany.. salam buat keluarga disana :) dan jangan bosan kalau ada pertanyaan ya.. maklum..