Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Tuesday, September 20, 2011

Pottery

Kira-kira dua tahun yang lalu guru seni di sekolah tempat saya bekerja mengadakan kelas pottery. Bersama beberapa teman sekerja, saya ikut kelas tersebut. 
Diawal pertemuan, guru kami menerangkan sekilas tentang pottery dan bahan yang digunakan yaitu lempung (clay). Menurut beliau ada 3 macam clay yang umum digunakan para artis clay yaitu : low fired clay, high fired clay and satu lagi yang saya lupa namanya. Untuk kelas ini saya pilih yang low fired clay karena warna lempungnya putih sehingga saya bisa bereksperimen dengan pewarnanya. Kebetulan bu guru tahu saya suka sekali kerajinan dan beliau berbaik hati memilih warna-warna yang beliau pikir pasti akan saya pilih. Tebakan beliau benar sekali, saya suka dengan pilihan warnanya. 
Satu hal yang saya temukan dengan pottery ini, ternyata lempung clay yang sebenarnya ini tidak se-flexible polymerclay terutama untuk membuat lekukan-lekukan pada anggur atau stroberi (vines). Dan pengalaman saya bekerja dengan polymerclay sebelumnya sangat membantu membuat  karya-karya dengan clay (lempung).


Jadi proses berkarya dengan lempung ini adalah dengan membuat kreasi sesuai dengan imjinasi kita. Enaknya karena bahannya banyak, kita bikin membuat barang-barangnya yang ukurannya besar seperti mangkuk misalnya. Tapi karena saya sudah terbiasa membuat sesuatu yang mini, otomatis yang saya buat selalu berukuran kecil. 
Setelah selesai, kita biarkan semalam sampai lempungnya kering. Setelah kering baru kita warna. Warna ini bisa mengelabui kita, karena hasilnya tidak nampak kecuali sudah dibakar. Jadi sulit bagi kita yang pemula untuk tahu hasil pewarnaan kita.
Keesokan harinya, baru bu guru membakar karya kami semua di tunggu pembakaran khusus yang suhunya mencapay ribuan fahrenheit (ukuran yng dipakai di US) biasanya disebut KILN.


Ini hasil karya saya dengan low fired clay.









Ada beberapa karya saya lainnya dari kelas pottery tahun berikutnya, tapi belum sempat saya foto dan sebagian sudah masuk gudang :). 

Kelas pottery ini biasanya diadakan pada musim semi, tapi kemarin bu guru kami tidak lagi mengadakan kelas lagi, mungkin beliau masih berduka setelah suaminya meninggal :(

***

Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von Gillern

***

15 comments:

honeysweety said...

wuih mbak lucu-lucu :)

dweedy said...

Aduh mbak naksir deh aku dengan ibu burung beserta sarang & telurnya :D Keren banget!

Penghuni 60 said...

wow, km kreatif ya sob...
keren2 tuh...
kalo dibisnisin bisa kali ya...
^_^
salut ah..

Kay said...

cool...!!!
:D

vita said...

haiii Mba Han... kangeeeen!! sesuatu yg mungil pasti membutuhkan kesabarab & ketelitian yg lebih saat bikinnya ya Mba.. keren Mba Han.. asli!!

Hany Von Gillern said...

Dita & Kay : makasih ya ...

Dweedy : Itu juga favoritku Dwee :)

Penghuni 60 : silahkan kalo kamu mau nyoba belajar terus di bisnisin sob

Vita : Apakah kabar??????? Lama banget ya gak ngobrol, kangen juga Vit. Sudah kebiasaan kali bikin yang kecil, makasih Vita :)

Titi Esti said...

Mbak Hany, ini bukan lempung tanah liat kan ? sepertinya lempung buatan ya...
hasilnya sepintas mirip keramik ya?

Hany Von Gillern said...

Lempung tanah liat kayaknya, cuman sudah diolah lagi jadi warnanya putih. Ada yang merah seperti layaknya lempung yang biasa kita lihat, tapi saya memutuskan pake yg putih supaya bisa lebih leluasa memakai warna.

Dwita said...

Keren banget, Hany. Pingin deh juga belajar. At least, jadi ngerti step by step nya...

Hany Von Gillern said...

Dwita : iya asyik sebenarnya ... yang jadi kendala adalah alat pemanggangnya yang mahal sekali harganya. Terima kasih Dwita.

Teracotta Creative Lombok said...

hsil kryanya cntk2 bgt,sy jg ada koleksi pottery kerajnan tangan di lombok,klo mau liat di grup facebook TERACOTTA CREATIVE LOMBOK,klo brminat untk djdkn bsns nanti sy krmkn conth nya.

Hany Von Gillern said...

makasih pujiannya ini kan karya pemula, belum seperti produk lombok yang sudah terkenal itu. Thanks juga infonya, insyaAllah nanti sata tengok ya ...

Aizyah Cute said...

Keren banget kak Hany...
Piring strawberry-nya benar-benar menarik!!! >_<

Dee Ayu said...

Wah Mba Hany, karyanya cantik-cantik Mba. bagus untuk dipajang mempercantik dekorasi rumah :)

Hany Von Gillern said...

makasih ya mbak :)