Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Tuesday, April 7, 2015

Ayo Belajar Membuat kartupos Sendiri (tutorial)


Tidak bisa dipungkiri gambar-gambar atau foto-foto pada kartupos sangat menarik. Karena gambar-gambar itulah saya dulu tertarik untuk mengoleksinya. Ketertarikan saya pada kartupos berkembang dari sekedar mengoleksi kartu-kartu yang biasa kita beli, menjadi keinginan untuk membuatnya sendiri. Ada kepuasan tersendiri melihat kartupos-kartupos itu selesai di buat.
Saya tunjukkan salah satu cara saya membuat kartupos sendiri.

***
Saya memakai karton pembungkus kue sarapan suami dengan alas an karton pembungkus tersebut tebal dan kuat, selain juga untuk mengurangi sampah kami. Karton pembungkus itu saya potong sesuai dengan ukuran yang saya inginkan. Saya suka dengan pembungkus kue ini karena bagian dalamnya berwarna putih, jadi saya tidak perlu lagi menempel bagian dimana kita akan menulis pesan dan alamat dengan kertas polos putih lain.



Bahan utama kedua yang saya pilih untuk kartu ini adalah gambar-gambar tempel. Sebenarnya saya kurang suka mengoleksi gambar tempel, tapi ternyata sangat berguna untuk kerajinan ini. Meja saya jadi penuh dengan gambar tempel, jika saya sedang punya keinginan membuat kartu.


Dari sekian banyak gambar tempel, saya pilih yang sekiranya sesuai dengan model yang akan saya buat. Setelah proses seleksi, ini gambar-gambar tempel yang saya pikir pas dengan keinginan saya kali ini.


Saya pilih gambar tempel berbentuk bunga memanjang seperti pada foto yang biasa dipakai dalam scrapbooking untuk pinggiran. Tidak saya pakai seluruhnya, tapi hanya sebagian, sekedar untuk menutup tulisan di bagian bawah karton yang tidak saya inginkan. Sedangkan foto penggilingan adonan kue dan tulisan dibagian atas, saya biarkan saja sementara terbuka.
 


Hanya ini alat-alat yang saya pakai untuk membuat kartupos saya kali ini, gunting dan ink pad untuk memoles bagian pinggiran kartu. Sangat mudah kan.


Saya pilih lagi gambar-gambar tempel lain yang akan saya pakai untuk menutupi sebagian dari tulisan dibagian atas. Pada bagian samping, saya pilih gambar tempel persegi panjang dengan tema persahabatan dan sengaja saya sisakan sebagian tulisannya nampak. Juga gambar tempel yang saya pakai dibagian pojok kanan atas. gambar kepik dan daun hanya menutupi 2/3 dari daerah tulisan. Sementara gambar penggilingan adonan kue saya tutup sedikit dengan gmabar bunga dan kepik. Akhirnya saya tambahkan sedikit tulisan (sentiment) untuk mempermanis.
Setelah proses ini selesai, selesai juga pembuatan kartupos ini. Sangat mudah!

 
***
 
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von G. Soewito

4 comments:

reni said...

Jadi pengen bisa membuat kartupos sendiri. Selama ini gak kepikiran utk membuat kartupos sendiri soalnya.

Asep Haryono said...

Saya suka dengan Post Card. Saya ada banyak kiriman Post Card dari beberapa negara lain seperti Jepang, dan Amerika Serikat

Hiehie senang dengan artikel ini. Bisa belajar nih buat Post Card. Pasti menyenangkan

Lidya - Mama Cal-Vin said...

di tangan mbak hani, karton pembungkus aja bisa jadi secantik ini ya.

icha said...

seperti kata orang...kalo buatan sendiri itu sensasinya luaaar biasa...!!!