Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Friday, December 5, 2014

Di Buang Sayang, Stempel Bonggol Sawi Putih

Beberapa tahun yang lalu saya berbagi tentang penggunaan kentang sebagai stempel. Kali ini saya ingin berbagi limbah dapaur lainnya yang juga bisa kita gunakan sebagai alat kerajinan, khususnya kerajinan kertas sebagai stempel. Limbah yang saya maksud adalah bonggol sawi putih.




Saya perhatikan, jika kita potong bagian bawah sawi putih, setelah kita pakai lapis-lapis terakhrnya, tampak bentuknya yang mirip dengan helai-helai bunga mawar. Terpikir oleh saya untuk menggunakannya sebagai stempel.

 
Benar kan bentuknya memang mirip helai-helai bunga mawar? Tampak cantik pula.
 
Jadi apa yang kita butuh jika ingin menggunakan bonggol sawi putih ini sebagai stempel?
1. Bonggol sawi putih
2. Cat (saya biasa menggunakan cat akrilik yang biasa digunakan untuk kerajinan. Jika tidak menemukan cat jenis ini, mungkin cat poster juga bisa digunakan atau tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan cat air atau cat minyak. Silahkan bereksperimen sendiri).
3. Wadah datar untuk  menuang cat (gunakan wadah yang sudah tidak digunakan lagi di dapur/tidak bercampur dengan makanan. Saya menggunakan piring kertas sekali pakai yang bisa dibuang ketika sudah selesai kita gunakan).
4. Kertas, kertas karton yang akan kita stempel.
 
Caranya :
Cukup ulaskan cat pada permukaan bonggol sawi putih secara merata di seluruh permukaannya, kemudian stempelkan pada kertas atau karton.
 


 
Mudah kan??? Sebenarnya selain bonggol sawi putih ini, ada limbah dapur/sayuran yang juga bias kita gunakan yaitu seledri. Tapi miungkin di Indonesia susah didapat seledri jenis ini. Seledri ini besar-besar batangnya. Dan jika kita satukan, kemudian kita ikat juga tampak seperti helai-helai bunga. I  syaa Allah jika ada kesempatan saya foto dan tampilkan.
 
Selamat mencoba teman-teman.
 
***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von G. Soewito
 
***
 

4 comments:

HP Yitno said...

Idenya bagus mbak. Cuma tahan berapa lama mengingat sayuran itu mudah busuk.

Hany Von Gillern said...

memang tidak tahan lama mas HP itno, ini memang pemakaiannya sekali saja. Cuman idenya sebelum di buang, masih bias di manfaatkan.

dweedy ananta said...

Aku juga pernah cobain Mbak, cuma aku pake cat air. Bagus si, hanya saja pas di jemur aku ketiduran dan hujan turun. Luntur deh u.u

Hany Von Gillern said...

Aku pikir semua tergantung dari kreativitas kita, ternyata dengan cat airpun juga bias. Mungkin warnanya agak redup ya Dwee?