Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Sunday, November 22, 2009

Irma Hesty Widyastini (Orang-orang Kreatif)

Orang kreatif berikutnya yang ingin saya tampil adalah Hesty. Dia adik saya, tapi bukan karena dia adik saya, maka saya tampilkan dia disini. Tapi karena kiprahnya di dunia kerajinan. Sejak kecil kami berdua sudah dikenalkan pada kerajinan terutama tusuk silang dan menyulam. Sejak awal sudah terlihat dia lebih terampil dibanding saya. Pekerjaannya selalu rapi dan pasti selesai. Ketika kami beranjak dewasa, minat pada kerajinan tidak pernah hilang, malah makin berkembang. Tapi bidang yang kami minati berjalan kearah yang berbeda. Hesty lebih suka menerjuni lebih dalam bidang sulam dan jahit. Sementara saya sendiri, suka mencoba jenis-jenis kerajinan lain dan akhirnya melabuh pada pembuatan miniatur dengan polymerclay.
Saat ini disela-sela kesibukannya sebagai geolog, Hesty masih tetap menekuni kerajinan, bahkan menjalankan suatu usaha kerajinan kecil-kecilan. Ini sekelumit cerita tentang Hesty. Selamat membaca.

Hany Von Gillern

***

1. Bisa diceritakan sedikit tentang anda sendiri (biodata termasuk : nama, lokasi, tergabung dalam perkumpulan apa, dan kalau ada hal lain yang ingin diceritakan)
Nama saya Hesty. Saya seorang ibu bekerja dengan 2 orang anak laki-laki dan 1 orang anak perempuan. Saya tinggal di Duri, sebuah
kota kecil di Pulau Sumatra yang jauh dari keramaian dan hiburan.



2. Disamping berkreasi dengan kerajinan, ada kegiatan lain yang anda tekuni?

saya bekerja di satu perusahaan di Riau




3. Apa yang mendorong anda untuk berkecimpung dengan kerajinan?

Hobby saya sejak kecil adalah membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini sudah menjadi bagian hidup saya sehari-hari.


4. Kapan mulai tertarik dengan kerajinan?
Dari kecil, sejak saya diijinkan pegang gunting dan benda tajam lainnya oleh orang tua saya.
Jadisaya sudah mulai membuat karya-karya sederhana sebatas kemampuan seorang anak seusia saya saat itu.

5. Begitu banyak jenis kerajinan yang anda tekuni, bisa diceritakan jenis kerajinan apa saja yang anda tekuni/pelajari?
Saya suka membuat apa saja, terutama barang-barang yang dibuat dengan memanfaatkan barang-barang yang hampir atau sudah tidak terpakai lagi.
Ada kepuasan tersendiri saat kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dari barang yang oleh orang lain mungkin sudah dibuang. Kalau jenis kerajinan yang paling saya sukai adalah yang berhubungan dengan jahit-menjahit, termasuk menyulam, merenda (crocheting) dan felting.


6. Adakah kendala yang anda temui selama berkecimpung di bidang ini?
Selama niat dan kemauan masih tinggi, rasanya segala kendala pasti akan bisa diatasi. Hanya saja saya suka iri dengan para crafter lain yang tinggal di daerah yang bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan kerajinan, misalnya di
Jakarta, Bandung, Jogja, dll, apalagi yang tinggal di luar negeri. Sementara ditempat saya sangat terbatas jenis dan jumlah bahan-bahan kerajinan yang bisa didapat dan itupun kualitasnya kurang bagus.

7.Saya perhatikan dunia kerajinan sedang booming di Indonesia, bisakah anda ceritakan tentang dinamika dunia kerajinan disana?
Penyuka kerajinan di
Indonesia memang semakin bertambah, bahkan banyak diantara mereka yang membentuk kelompok-kelompok khusus sesuai dengan minat masing-masing. Sebagian besar dari mereka bahkan sudah menjadikan kerajinan sebagai ladang penghasilan utama, entah sebagai pengrajinnya sendiri atau penyuplai bahan-bahan yang dibutuhkan para pengrajin. Tidak jarang mereka juga mendatangkan bahan-bahan dari luar yang memang tidak tersedia di Indonesia. Ini bagus sekali untuk memudahkan para mengrajin mendapatkan material yang mereka butuhkan sehingga kreatifitas bisa lebih berkembang. Sementara sebagian yang sudah dapat dikatagorikan “pakar, ada juga yang membuka kursus/pelatihan bagi para pemula yang tertarik mendalami dunia crafting.


8. Apakah anda mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari dan memperdalam jenis-jenis kerajinan yang anda tekuni?
Tidak pernah. Saya pelajari sendiri semua yang saya suka, dengan bermodalkan buku-buku dan “The most helpful toy” … internet
J.

9. Selain kerajinan, apakah anda punya hobi lain?
Tidak ada … hanya kerajinan.


10. Bisa berbagi tips khususnya tentang kerajinan, felt khususnya pada para pembaca/pengunjung blog ini?
Kerajinan itu butuh kemauan, kesabaran dan ketekunan. Kalau ingin bisa membuat sesuatu tidak bisa dengan instant, harus sabar berlatih dan meningkatkan kemampuan terus menerus. Dan yang pasti harus dikerjakan dengan “hati”.


Untuk melihat karya-karya Hesty lainnya bisa mengunjungi site multiplynya :
http://irmahesty.multiply.com/








2 comments:

Kreasi CantiQ said...

Mbaaaaaaak...ternyata oh ternyata dien adik mbak tinggal di provinsi yang sama....salam kenal buatnya ya mbak....pengen kenalan deh....senangnyaaaa kalau bisa ketemu yah...hohohoho ke PD an dakunya

Hany Von Gillern said...

Iya, tapi sekarang sudah pindah ke duri, dulunya di rumbai selama lebih 10 tahun. Kenalan aja ada fbnya kok idnya : Hesty soewito. Kemarin dia juga ikutan lomba kreasi feltnya Fitri yang bikin placemat rumah merah itu.