Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Wednesday, September 30, 2009

Dwita Siregar (Orang-orang Kreatif)

Tulisan ini akan mengawali kumpulan tulisan yang saya sebut "Orang-orang Kreatif". Saya mulai dari teman yang punya kegiatan seabreg.
Silahkan tulisan komentar anda di kolom komentar dan terima kasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog ini.
Selamat membaca

oleh :

Hany Von Gillern

***

Dengan keberadaan internet, memudahkan saya untuk bertemu dan berkenalan dengan para pencinta kerajinan dari berbagai penjuru jagat. Salah satunya adalah seorang teman yang belum pernah saya temui didunia nyata, tapi saya telah banyak melihat hasil karyanya dari site beliau. Dwita Siregar namanya, sosok yang saya kagumi baik karya-karya dan kegiatan beliau dibidang kerajinan yang sangat banyak. Kemudian terlintas untuk menulis tentang beliau dan berbaginya dengan anda semua. Ini hasil obrolan kami yang kami lakukan per email.

Foto-foto : diambil dari site Dwita atas ijin beliau

1. Kalau anda sedia, bisa menceritakan sedikit tentang diri anda?
Jawab: Tentang apanya nih? Nama udah tahu ya... Umur 42 th. Married, anak 3 cewek semua. Background kuliah di D3 Sekretaris LPK Tarakanita dan S1 Jurusan Bhs Inggris IKIP Jakarta (UNJ).



2. Kapan ada mulai tertarik untuk menekuni kerajinan?
Sejak SMP



3. Selama ini saya mengenal anda sebagai seseorang banyak berkecimpung dunia kerajinan kertas, apakah anda juga menekuni jenis kerajinan lain?
Paiting n sewing.



3. Apakah anda mengikuti pelatihan khusus ketika memutuskan untuk memulai kegiatan ini atau ketrampilan ini anda pelajari secara otodidak?
Semua belajar sendiri. Mo kursus, kebanyakan harga kursus ngga terjangkau (dulu, maksudnya). Jadi, karena senang beli buku craft, dan sekarang ikut beberapa grup craft dan sering lihat video craft di youtube, akhirnya jadi bisa sendiri utk berbagai macam craft.



4. Selain kerajinan, adakah kegiatan lain yang anda tekuni?
Mengajar bahasa inggris privat utk anak SD kls 3 n 4 dan siaran mengajar bahasa inggris di radio lokal, serta beberapa kegiatan sosial lainnya (church, etc). Starting Feb 2009, aku jadi narasumber Erlangga untuk mengajar Crafts (keliling Jawa). Tapi, waktuku lebih banyak digunakan untuk bersama-sama anak-anakku, menemani mereka ngobrol, menemani mengerjakan tugas sekolah, mengantar dan menjemput si kecil ke sekolahnya (baru 2 thn sih), and menemani suamiku breakfast, lunch n dinner. hahahaha, dia gak bisa dilupakan deh... (penyandang dana sih...)



5. Saya pernah membaca di blog anda tentang galeri dan pelatihan kerajinan yang anda kelola, bisa diceritakan tentang hal ini?
Galeri ini dimulai sejak di Balikpapan, thn 2002. Waktu itu masih di ruang tamu di rumah dinas. Dengan dana yg ada (Rp. 300.000), mulai deh beli-beli kertas secara online. Lalu kerajinan kurumie sempat booming di tahun 2003-2005 di sana. Penjualan luar biasa. Pemesanan juga banyak. Saat itu masih menjadi dosen (& Direktur) di ABA Balikpapan. Dan saat yg sama pula, aku aktif di organisasi wanita di kantor suamiku. Konsen ke craft agak terbagi.
Pindah ke Cirebon, tidak terikat mengajar di institusi. Mulai merintis lagi (menambah barang) dan banyak membuat craft. Juga mulai ikut pameran di Jakarta seperti Nova Fair dan Inacraft.
Thn 2007, baru deh mampu membeli rumah kecil, yg sekarang jadi galeri miniiiiiiii banget. At least lumayan cozy buat aku bikin-bikin craft deh. Kucuran dana, ada sebagian dari Charles, suamiku, yg kasihan ngelihat galeriku masih agak kosong. Perlengkapan galeri seperti meja, kursi, rak, semuanya dari dia. Mestinya dia jadi business partner ya, Han...
Awal Februari 2009, baru deh bisa beneran punya asisten, 2 orang. Walaupun mereka tidak pakar craft, tapi, mereka bersedia duduk lama bikin-bikin yg aku suruh. hehehe...
Galeriku menjual berbagai pernik utk craft, menjual kit kursus craft. Maunya bikin kayak Michaels or Hobby Lobby deh. Kalau kursus craft yg sering aku datangi, harganya mahal, dan selalu ada bahan craft yg tersisa yg akhirnya kalau sudah sampai rumah, malah ngga dibikin. Jadi, di galeriku, aku menjual kit yg tidak mahal, dan sekali bikin langsung jadi, tak ada sisa bahan, tapi, bisa bawa pulang pola dan teorinya. Yg pasti, tidak mahal seperti di tempat lain. Dijamin....hehe...



6. Hobi anda?
Jalan ke toko buku, toko kertas dan toko craft, ngumpulin buku craft, kertas, alat craft dari mana saja, travelling and swimming.



7. Bisa berbbagi tips khsusnya tentang kerajinan pada para pembaca/pengunjung blog ini?
Untuk mengerjakan craft, diperlukan tangan yg trampil. Namun yg terpenting adalah, mengerjakannya dengan hati. Karena segala sesuatu terpancar dari hati.... Hal lainnya, tetaplah persistent dengan craft yg ditekuni. Have a big heart...., supaya bisa "legowo" saat kritik datang, saat karya kita diakui org lain, saat stormy weather comes deh...


Anda juga bisa mengunjungi site beliau di :
www.withhandsandheart.biz.ly
www.kartucantik.multiply.com.

5 comments:

Dwita said...

Thanks for "publishing" me here, Hany.

Phiphi said...

Salut buat mbak Dwita..very inspiring story and beautiful crafts:)

Jane's Simple Kitchen said...

Asyik sekali punya galeri sendiri..Thanks for sharing, jadi ada semangat lagi buat crafting..

amalia khoirun nisa said...

waahh, kursusnya dimana mbak dwita? :D

Hany Von Gillern said...

Dwita tinggalnya di Cirebon, tapi sering juga ngasih workshop kelliling. Coba hubungi saja, mungkin ada kursus onlinenya.