Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Saturday, March 25, 2017

DIY Felt Postcards


Bahan dan alat yang di butuhkan :

Felt aneka warna sesuai dengan kreasi yang akan kita buat
Benang sulam 
Benamg jahit
Kertas karton, pakai yang agak tebal supaya tidak mudah melengkung. Bisa memakai kardus kemasan makanan, misalnya susu bubuk.
Lem untuk melekatkan felt pada kertas
Kertas tulis sebagai pelapis karton
Gunting
Jarum sulam
Mesin jahit

Cara membuat :

1. Potong kain felt sesuai ukuran kartupos yang kita inginkan. Untuk selanjutnya kita sebut ini kain felt dasar. 
Buat hiasan  sesuai dengan keinginan kita. Tempel/sulam hiasan tersebut pada kain felt dasar dengan teknik seperti membuat sulam perca yaitu di sulam dengan tusuk feston setelah terlebih dahulu di lem sedikit bagian  belakangnya supaya tidak mudah bergeser. Untuk menambah hiasan, saya jahit sekeliling kain felt dengan benang benang warna kontras dengan mesin jahit beberapa kali. Hal ini juga bisa dilakukan sekaligus ketika menempel hiasan kain felt pada kertas karton.
Siapkan juga karton untuk tempat menulis pesan dan alamat pengiriman 
(foto 1).



2. Selanjutnya, tempel hiasan felt pada karton dengan menggunakan lem. Saya memakai lem seperti pada foto yaitu lem yang biasa dipakai pada prakarya kertas. Tujuan pengeleman ini adalah agar hiasan kain felt tidak mudah bergeser ketika dijahit (foto 2).


3. Jahit dengan mesin jahit. Penjahitan ini bisa dilakukan berulang kali dengan tidak beraturan untuk menambah aksen. Seperti dijelaskan diatas. penambahan aksen mesin jahit ini bisa lakukan sebelumnya.


4. Kartupos DIY kita sudah selesai dibuat dan siap dikirim. Foto menunjukkan bagian belakang dari kartupos. Saya memutuskan untuk mengirim kartupos dalam amplop dengan maksud agar lebih aman dan tidak kotor ketika di terima penerima.


5. Amplop juga bisa kita buat sendiri dari kertas kado atau majalah lama yang sudah tidak dipakai lagi.

Selamat mencoba!
Love
Hany

***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone

***


No comments: