Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Tuesday, April 1, 2014

Kartupos buatan sendiri (Handmade Postcards)

Dweedy, salah satu komentator di postingan saya tentang tukar menukar kartupos dengan orang Rusia, bilang bahwa dia sudah mendaftar menjadi anggota postcrossing, tapi belum kirim kartupos sama sekali karena susah mendapat kartupos dimana dia tinggal.
Sebenarnya beberapa anggota suka mendapat kartupos buatan sendiri (handmade postcards). Saya sudah pernah mengirim kartupos buatan sendiri yang sudah lama sekali saya buat (beberapa tahun lalu) ke seorang anggota postcrossing dari Belanda. Dia bilang di profilenya "Ayo kirimi saya kartupos buatanmu sendiri. Jangan takut, bikin saja sebisanya" Dia memang seorang guru seni di sekolah tempat dia bekerja. Jadi saya kirimi dia kartupos buatan sendiri.


Kemarin ada lagi yang mengatakan bahwa dia suka handmade postcards. Jadi saya kirim lagi postcard buatan saya yang lagi-lagi sudah saya buat bertahun-tahun lalu.




Pada kartupos ini saya, pake hiasan dari dari polymerclay yang saya buat sendiri berupa sentiment bertuliskan The Old Days.

Hari Sabtu kemarin, karena bosan tinggal dirumah, sementara mau keluar rumah juga sedang mendung, akhirnya saya buat lagi kartupos-kartupos dengan memanfaatkan kardus kemasan kue sarapan suami saya. Saya gunakan modpodge untuk menempel seperti teknik pada decoupage.



 
 
Kartu pertama, saya manfaatkan sebagian gambar dari kemasan cheese Danish yang menurut saya bagus. Saya hanya menutup tulisannya dengan karton dan saya hias dengan bunga dan tali. Kartu 2 dan 3 seluruhnya saya tutup dengan kain perca dan kertas bermotif dihias renda, kancing dan stickers.
 
Teman postcrossing saya asal Indonesia juga pernah minta saya membuat kartupos handmade untuknya, jadi saya buatkan satu untuknya dengan menggunakan karton biasa untuk membuat kartu dengan hiasan gambar tempel.
 

Ternyata kartupos yang saya kirim untuk anggota postcrossing dari Belanda itu tanpa saya duga mendapat 2 hati yang artinya favorite dari 2 anggota lainnya. Siapa sangka kan? Ternyata kartupos buatan sendiri juga dapat apresiasi. Nah Dweedy dan teman-teman yang lain, jika tertarik untuk bertukar kartupos dan susah mendapatkannya, coba bikin sendiri, surprise them!!!


Ini juga kartupos yang saya kirim untuk teman saya Dwita yang kemudian dia pajang di gelerinya dan ternyata menarik perhatian salah satu muridnya untuk membuat kartu yang sama.

***
Be creative, be yourself and the satisfaction is there for you
Happy crafting everyone
Hany Von G. Soewito
 
***

 
 

21 comments:

dey said...

Mau juga kartu pos buatan mbak Hani .. hehehe.

Sehat mbak ?

Lidya Fitrian said...

kalau menerima kartu post handmade kesannya khusus banget mbak, penerimanya senang pasti

Hany Von Gillern said...

mbak Dey : ayo mbak boleh, kirim juga saya kartupos buatan mbak Dey ya :)

Mbak Lidya : in syaa Allah ...

Anonymous said...

salam kenal ya mbak...makasih buat idenya...saya suka kotak-katik dengan tangan tapi lebih sering membuat kartu ucapan...nggak pernah kepikiran membuat postcard sendiri, padahal unik ya :)

Hany Von Gillern said...

Salam kenal kembali mbak. Silahkan dicoba bikin handmade postcardnya

Uniek Kaswarganti said...

Mba Hany salam kenal, mau juga donk... yuk swap PC ama saya. klo saya juga buat sendiri tp enggak handmade gini. dari foto2 yg saya punya aja terus dibikin kartu pos :)

Hany Von Gillern said...

Hello mbak Uniek, salam kenal kembali. Ayo mbak silahkan kalo mau swap silahkan kirim alamat mbak ke email saya sya sweetymybaby@yahoo.com ..... ditunggu

Ati Sri said...

Duluuuuu... sekali jamannya saya SMA dan kuliah suka membuat kartu pos tapi hanya pada waktu lebaran saja. Setelah menikah sampai sekarang tidak lagi, kini hanya pake sms saja,,,hihi.
Tapi setelah melihat dn membaca postingan ini, jadi tergerak ingin mencoba buat kartu pos lagi.
Trimakasih mbak Hany, telah menginspirasi saya.

Hany Von Gillern said...

Sama-sama mbak, ayo bikin lagi, sekalian ikutan di postcrossing juga mbak :)

Faceless Void said...

Numpang tanya boleh
Klo handmade itu idealnya pake kertas apa ukuran berapa?
Saya suka sekali dengan gambar hiasan tempel itu,,apakah kertasnya asli putih ato memang merah trus yang baliknya itu digaris sendiri buat alamat dan identitas kartu pos
Terimakasih sebelumnya

Hany Von Gillern said...

Bagusnya pake kertas karton yang tebal, kalo gak salah ada teman yang ngasih tau kertas ukuran berat 300 gr apa ya? Pokok yang cukup tebel. Untuk ukuran bakunya contoh saja ukuran kartupos yang dikeluarkan oleh kartupos. Tapi dalam kenyataannya ukuran kartupos sangat beragam dari yang maxi sampai yang kecul sekalipun ada.
Untuk kartupos buatan saya yang merah itu, memang warna kertas kartonnya merah. Itu memakai kertas karton/cardstock yang biasa dipakai untuk membuat kartu, sedikit lebih tipis dari kartupos mungkin.
Untuk alamat bias digaris sendiri atau dibniarkan saja tanpa garis.

Malida Zulfania said...

halo mbak.
sya khan tinggal di kota dimana susah banget nyari kartu pos sesuai yang diinginkan. mau nggak mau aku mau buat sendiri. cari cari gambar.
tapi saya bingung mau make kertas terbal yang mana, mohon infonya ya mbak. makasih:-)

Hany Von Gillern said...

Saya memakai kertas karton/cardstock yang biasa diapaki untuk membuat kartu untuk kartupos yang lama itu di gambar atas. Tapi yg bawaj itu saya buat dari karton bungkus kue, lebih tebal. Saya pikir karton manila yang biasa dijual di toko fotokopi juga bisa dipakai. kalau kurang tebal bisa di dobel, bisa dengan cara dijahit atau di lem.

Unknown said...

Mbak hani aku jg mau dong dikirim PC handmade . aku Baru tertarik kirim2 PC. Dan baru tau kalau bisa buat PC sendiru

Unknown said...

keren banget yak ,tapi saya masih belum mengerti point2 penting dalam postcard itu sendiri mungkin teman2 bisa membantu memberitahu

Billi's World? said...

Halo mb Hanny :)
wah saya tertarik membaca blog mb Hanny tentang pembuatan postcard handmade :) mau dong swap postcard handmadenya :)) hehe..

Khoirina said...

Wah keren nih! karena homemade jadi limited edition deh! :D

Hany Von Gillern said...

@GaraTigor : poin pentingnya adalah kartupos adalah salah satu media komunikasi Jatakas jauh.

@ my handmade : silahkan email kalau mau swap.

@ khoirina annisa : thanks ya!

Unknown said...

kartu pos bisa ditempel2 dengan hal-hal kecil sampai bunga gitu ya mbak. sy kira harus flat dan bersih kertasnya? untuk pengirimannya bagaimana mba u handmade PC, apa ada kendala dr pihak pos?

Hany Von Gillern said...

Tidak harus, bisa apa saja. Untuk lebih amannya bisa di masukkan amplop supaya tidak lepas. Selama ini belum ada kendala dari pihak kantor pos. Biasanya mereka menyarankan pakai amplop terutama jika pakai kancing Dan pita karena khawatir nyangkut di mesin scanningnya. Itu saja alasannya. Selamat berkreasi.

Unknown said...

😍😍😍