Welcome!!!

Hi everyone,

Welcome to my blog. I am not an artist or expert of crafts, but just a simple and an ordinary woman who loves crafts and crafting. Enjoy your visit and let us share ideas. Crafting is fun when we do it together with RESPECT AND TOLERANCE.

Happy crafting
Hany Von G

Tuesday, December 29, 2009

Elvira Saquei (Orang-orang Kreatif)

Orang kreatif berikut yang bersedia saya kirimi pertanyaan dan menjawab pertanyaan saya adalah Elvira Saquei. Saya belum pernah bertemu, tapi sudah pernah mendengar suaranya melalui percakapan kami di telepon. Teman yang satu ini selain sangat kreatif dan benar-benar mencintai kerajinan, terutama kain, dia juga sangat ramah dan baik hati. Bagaimana kiprahnya dan asal mula beliau menerjuni kegiatan ini, simak saja ceritanya.

Selamat membaca!

Hany Von Gillern

***

1. Bisa diceritakan sedikit tentang anda sendiri (biodata termasuk : nama, lokasi, tergabung dalam perkumpulan apa, dan kalau ada hal lain yang ingin diceritakan)
Hai..nama saya Elvira Saquei tapi lebih suka di panggil Phiphi, sejak kurang lebih 8 th yang lalu saya menetap di India, tepatnya di salah satu kota di North East India. Mempunyai 2 little brats umur 6 & 4 th.



2. Disamping berkreasi dengan kerajinan, ada kegiatan lain yang anda tekuni?
Kegiatan lain, diluar kegiatan sehari-hari, kadang saya mengikuti bazaar di kota tempat tinggal saya jika waktu dan keadaan memungkinkan. Because I don't like to leave my children for a long period, walaupun ada pengasuh dan neneknya di rumah. Mungkin ini 'bawaan" sbg SAHM (stay at home mom). Selain itu saya mempunyai toko online di Etsy.


3. Apa yang mendorong anda untuk berkecimpung dengan kerajinan?
I don't like being "idle". Sejak pindah ke India, tak ada seorangpun yang saya kenal, sehingga saya mempunyai banyak waktu utk mencoba berbagai macam kerajinan. Menyulam, knitting, glass painting, fabric painting, beading, etc. Bahkan mesin jahit saya adalah hadiah wedding anniversary yg pertama..:).


4. Kapan mulai tertarik dengan kerajinan?
Sebenarnya saya suka dengan segala sesuatu yg HANDMADE dari kecil dulu, mungkin karena sering ikut dan melihat Ibu saya mengajari ibu-ibu PKK di lingkungan tempat Ayah saya bekerja dulu. Sehingga, practically sejak kecil saya terbiasa melihat berbagai macam prakarya.



5. Anda begitu konsisten dengan jenis kerajinan berbahan kain, termasuk menjahit dan menyulam, kenapa tertarik dengan jenis kerajinan ini? Pernahkan terlintas untuk mencoba jenis kerajinan yang lain?
maybe it's my first love hahaha...On serious note, dari sejak sekolah memang saya tertarik sekali dengan menjahit. Bahkan pada saat kuliahpun saya sempat mengambil kursus menjahit di Singer..:D. Setelah pindah ke sini, mata saya semakin terbuka dg melihat beragamnya jenis dan motif kain di India membuat saya semakin semangat menggali hobby lama ini. Sedangkan menyulam, saya banyak belajar dari kakak ipar saya yang sulamannya sangat halus. Ada kedamaian tersendiri saat menyulam.
Saya pernah mencoba knitting dan berhasil membuat beberapa item, but knitting is just not my cup of tea...:) but I'd love to learn crochet once again.



6. Adakah kendala yang anda temui selama berkecimpung di bidang ini?
Kendala bagi saya adalah tantangan untuk menjadi lebih kreatif. Baik itu dengan waktu yang sangat terbatas, keterbatasan bahan craft menjahit seperti quilt batting yang tidak tersedia disini, membuat saya mencari alternatif lain yang mudah di dapat.


7.Bagaimana dinamika dunia kerajinan di India, terutama didaerah anda tinggal?
India is the heaven of handmade items. Hampir semua daerah di India mempunyai ciri khas handicraft tersendiri. Mulai dari jaipuri quilt, the popular patchwork sling bag, hand embroidery fabric, hand-weaving fabric, dll. Kalau boleh saya bilang hampir semua generasi beberapa tahun diatas saya selalu menguasai satu kerajinan dengan baik. Setiap orang yang saya kenal ditempat tingga saya, mereka sangat pandai menyulam, knitting, crochet, menjahit, quilting, tatting, melukis, dll.


8. Apakah anda mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari dan memperdalam jenis-jenis kerajinan yang anda tekuni?
Seperti yang saya sebut diatas, saya pernah kursus menjahit di singer. Setelah itu saya banyak belajar dari buku dan internet tentunya. terima kasih banyak kepada orang-orang kreatif diluar sana yang tak enggan berbagi ilmunya secara cuma-cuma.



9. Selain kerajinan, apakah anda punya hobi lain?
Hobby yang lain saya suka membaca berbagai macam buku, mulai dari yang serius hingga yang ringan. I love to experiment with other craft too. Selain itu saya suka Blog walking untuk mencari ide-ide baru, berdiskusi online dengan teman sehobby. Exploring daerah sekitar tempat tinggal saya sekarang.


10. Bisa berbagi tips khususnya tentang kerajinan, khususnya pada para pembaca/pengunjung blog ini?

Do what you love most and be creative with what you have. One more thing, sharing is the most effective way to be more creative. I'd love to share more tutorials in my BLOG next year..:)

Untun melihat karya lain mbak yang sangat kreatif ini, bisa ditengok di :
http://virsaq.multiply.com/

7 comments:

Sekar Lawu said...

Thx Mbak Hani...sungguh sangat inspiratif postingan Mbak...

Phiphi said...

Thanks a bunch mbak Hany for featuring me in your blog:)

Hany Von Gillern said...

Mbak Ayik : terima kasih mbak, memang itu maksudnya, untuk memotivasi teman-teman yang lain.

Mbak Phiphi : you are more than welcome. Thank you so much for your time.

Jane's Simple Kitchen said...

Akhirnya mengenal mba Phiphi lebih jauh nih lewat pojok utak atik :-) Seperti menikmati tayangan TV gitu..sambil ada wawancara dan menikmati foto2 karyanya..Bravo mba Hany :-)

Hany Von Gillern said...

Iya bener kan Jane :) Makasih dah mampir ya

Orin said...

waaah makin pengen belajar njahit deehh....:)))

Hany Von Gillern said...

Setuju, ayo mbak Orin semangat,tak komporin :)